Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wasekjen ASEAN: UMKM Berkontribusi untuk Pelestrian Budaya dan Seni Tradisional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 22 Oktober 2023, 19:29 WIB
Wasekjen ASEAN: UMKM Berkontribusi untuk Pelestrian Budaya dan Seni Tradisional
Sekretaris Jenderal ASEAN Satvinder Sigh saat membuka acara Bazar Diwali India-ASEAN di Hotel Westin, Jakarta pada Minggu, 22 Oktober 2023/RMOL
rmol news logo Unit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kawasan ASEAN dan India dinilai mampu menjadi pionir dalam mempromosikan dan melestarikan seni budaya tradisional.

Begitu yang disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN Satvinder Sigh selama membuka acara Bazar Diwali India-ASEAN di Hotel Westin, Jakarta pada Minggu (22/10).

Satvinder mengatakan bahwa saat ini, India merupakan dua kawasan yang memiliki pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia. Keduanya juga telah lama bekerjasama dalam segala bidang terutama memberdayakan UMKM.

Menurut Satvinder, UMKM merupakan sektor yang sangat penting, sebab mereka memainkan peran besar di sektor ekonomi ekonomi.

"Mereka adalah pendorong kreativitas, inovasi, dan mereka membawa semua ide dan kreativitas terbaik," ujarnya.

Tidak hanya itu, Satvinder menilai bahwa kehadiran UMKM di kawasan mampu mendorong promosi kebudayaan dan melestarikannya.

"Saya percaya bahwa UMKM berkontribusi terhadap pelestarian budaya melalui promosi produk seni tradisional, pariwisata budaya, serta pendidikan," kata Satvinder.

Dia kemudian mengapresiasi gelaran Bazar Diwali yang disebutnya sebagai wujud komitmen berkelanjutan India dan ASEAN dalam memperdalam hubungan budaya dan mendukung ekonomi masyarakat.

"Dan saya tidak terkejut bahwa kita semua ada di sini lagi hari ini. Kami berkumpul lagi. Sekali lagi ini merupakan komitmen berkelanjutan," tegasnya.

Bazar Diwali ke-2 digelar oleh Perwakilan Misi India untuk ASEAN, berkolaborasi dengan IndoIndians. Acara tersebut menghadirkan 128 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari India, maupun perwakilan negara ASEAN.

Sekitar 300 orang datang untuk melihat produk-produk khas India dan ASEAN. Selama acara pembukaan, turut hadir Duta Besar Misi India untuk ASEAN Jayant N. Kobragade, Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN Satvinder Sigh dan Founder IndoIndia Poonam Sagar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA