Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BI Kantongi Rp 113 Triliun dari Hasil Lelang SRBI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 20 Oktober 2023, 19:49 WIB
BI Kantongi Rp 113 Triliun dari Hasil Lelang SRBI
Ilustrasi/Net
rmol news logo Bank Indonesia (BI) mengantongi dana senilai Rp 113,70 triliun dari hasil lelang Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sejak diterbitkan hingga 17 Oktober 2023.

Menurut Gubernur BI, Perry Warjiyo, hal tersebut mencerminkan respons luar biasa dari para investor karena penawaran melebihi target yang telah ditetapkan yang menunjukkan penerimaan kuat di pasar.

“Hingga 17 Oktober 2023, lelang SRBI telah dilakukan sembilan kali dengan outstanding mencapai Rp 113,70 triliun,” ujar Perry, seperti dikutip Jumat (20/10).

Perkembangan ini juga telah memicu aktivitas yang lebih tinggi di pasar sekunder. Selain itu, penerbitan SRBI juga berhasil menarik perhatian investor portofolio asing, yang tercermin dari pembelian bersih SRBI sebesar Rp 9,81 triliun oleh investor nonresiden.

Perry juga menambahkan bahwa berbagai perkembangan ini secara umum menunjukkan bahwa SRBI mampu menggantikan peran Reverse Repo (RR) Surat Berharga Negara (SBN) sebagai instrumen moneter kontraksi, sambil mampu menarik aliran modal masuk untuk memperkuat ketahanan ekonomi Indonesia dari dampak global.

Dalam upaya untuk memperkuat pasar uang dan mendukung masuknya investasi portofolio, kebijakan suku bunga juga telah didukung oleh penerbitan SRBI sebagai instrumen moneter kontraksi yang pro-market, dengan mengoptimalkan aset SBN yang dimiliki oleh Bank Indonesia sebagai aset dasar (underlying). rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA