Dimensy.id
Apollo Solar Panel

85 Juta Lapangan Kerja Bakal Hilang, Erick Thohir: Generasi Muda Punya Tantangan Berat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 13 Oktober 2023, 13:52 WIB
85 Juta Lapangan Kerja Bakal Hilang, Erick Thohir: Generasi Muda Punya Tantangan Berat
Menteri BUMN, Erick Thohir/Ist
rmol news logo Sekitar 85 juta lapangan pekerjaan diprediksi akan hilang seiring dengan berkembangnya digitalisasi yang membuat generasi muda akan menghadapi tantangan berat di masa depan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang mengutip data Future of Jobs Report dari World Economic Forum.

"85 juta lapangan pekerjaan akan hilang dibandingkan 67 juta yang tumbuh, artinya para tokoh muda punya tantangan berat," papar Erick dalam acara Ikatan Alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia (IAPPI), di Jakarta, Kamis (12/11).

Menurut Menteri BUMN itu, perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang kini sedang digencarkan telah menjadi salah satu tantangan yang harus diatas generasi muda.

Erick memaparkan bahwa generasi muda Indonesia perlu untuk memiliki perencanaan masa depan yang matang untuk membantu mendorong perekonomian negara, yang diiringi dengan perkembangan zaman.

Dalam kesempatan itu, Erick juga meminta generasi muda untuk memiliki pandangan jauh ke depan, yang dapat dirumuskan dalam satu cetak biru. Khususnya, perencanaan dalam mendorong perekonomian Indonesia.

"Saya menantang mana cetak biru Indonesia 2045 dari perspektif kalian (anak muda), bukan dari perspektif pemerintah, tapi perspektif kalian sebagai tokoh masa depan Indonesia," ujar Erick, mengutip Kompas, Jumat (13/10).

Ia pun turut meminta kepada para pelajar lulusan luar negeri untuk segera pulang ke Tanah Air, guna membantu dalam mewujudkan Indonesia maju pada 2045 mendatang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA