Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemendag Dorong Pemanfaatan Inatrims Demi Tingkatkan Akses Pasar Ekspor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 10 Oktober 2023, 15:08 WIB
Kemendag Dorong Pemanfaatan Inatrims Demi Tingkatkan Akses Pasar Ekspor
Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu (Ditstandalitu) Matheus Hendro Purnomo saat membuka kegiatan Sosialisasi Peningkatan Akses Pasar Ekspor Melalui Pemanfaatan Portal Inatrims di Purwokerto/Net
rmol news logo Dukungan kepada pelaku usaha ekspor terus diberikan Kementerian Perdagangan. Salah satunya diperlihatkan oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga.

Salah satunya dengan memfasilitasi pelaku usaha melalui penyediaan informasi mengenai regulasi teknis dan persyaratan mutu kepada pelaku usaha melalui pemanfaatan portal Inatrims.

Langkah konkretnya adalah menggelar kegiatan Sosialisasi Peningkatan Akses Pasar Ekspor Melalui Pemanfaatan Portal Inatrims di Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa (10/10). Acara dibuka langsung oleh Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu (Ditstandalitu) Matheus Hendro Purnomo.

Dalam sambutannya, Hendro mengatakan bahwa acara ini digelar dalam rangka meningkatkan daya saing, sangat penting bagi pelaku usaha untuk mengetahui, memahami, dan memenuhi regulasi teknis dan persyaratan mutu produk negara tujuan ekspor.

“Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan telah mengembangkan portal informasi regulasi teknis dan persyaratan mutu produk di negara tujuan ekspor berbahasa Indonesia, yaitu Inatrims,” kata Hendro.

Melalui kegiatan sosialisasi ini para peserta turut membahas pentingnya pemenuhan terhadap regulasi teknis dan persyaratan mutu produk yang berlaku di negara tujuan ekspor serta bagaimana memanfaatkan informasi pada portal Inatrims untuk para pelaku usaha dalam rangka peningkatan akses pasar ekspor.

Para peserta terdiri atas pelaku usaha ekspor serta dinas yang membidangi perdagangan di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga. Turut hadir selaku narasumber Direktur PT Nudira Sumber Indonesia Rahmat S. Marpaung, Tenaga Ahli Inatrims Erry G. Wiriatmadja, dan Chief Operating Officer PT Coco Sugar Indonesia Supriyanti selaku pelaku usaha ekspor dari Kabupaten Banyumas.

Selain melakukan sosialisasi, Ditstandalitu beserta perwakilan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas dan Purbalingga melakukan kunjungan ke pelaku usaha ekspor di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka menjaring informasi dan melihat proses produksi produk-produk yang telah memenuhi persyaratan di negara tujuan ekspor baik untuk produk pangan, maupun nonpangan.

Untuk mendapatkan informasi terkait regulasi teknis dan persyaratan mutu produk di negara tujuan ekspor, dapat mengakses Inatrims melalui tautan berikut: https://inatrims.kemendag.go.id/ atau unduh aplikasi Inatrims Kemendag melalui Play Store untuk versi android. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA