Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Melarang, Mendag Zulhas Dorong TikTok Patuhi Permendag 31/2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 05 Oktober 2023, 13:13 WIB
Tak Melarang, Mendag Zulhas Dorong TikTok Patuhi Permendag 31/2023
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan/Ist
rmol news logo Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kembali menegaskan bahwa pemerintah tidak melarang TikTok sebagai social media maupun social commerce.

Alih-alih, pemerintah mendorong TikTok untuk mengikuti Permendag No. 31/2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik dengan mendaftar sebagai lokapasar (marketplace) atau niaga elektronik (e-commerce).

"Pemerintah tidak melarang TikTok sebagai social media dan social commerce. Tapi social commerce hanya untuk beriklan dan promosi saja, kalau mau transaksi sebagai e-commerce harus mendaftar dulu," tegas Mendag Zulkifli usai mengunjungi Pusat Perbelanjaan International Trade Centre (ITC) Mangga Dua, Jakarta Utara pada Rabu (4/10).

Pada kunjungan tersebut Mendag Zulkifli Hasan berbelanja beberapa produk lokal sekaligus berdiskusi dengan para pedagang ITC Mangga Dua. Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan yaitu Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim.

Oada kesempatan itu, Mendag Zulkifli Hasan juga mengapresiasi upaya TikTok untuk mengikuti Permendag 31/2023. Lebih lanjut, ia juga menyatakan kesiapan Kemendag untuk mendukung TikTok dan media sosial lain untuk mengembangkan bidang-bidang lain yang bermanfaat.

"Kami sudah sampaikan terima kasih kepada TikTok karena akan mengikuti aturan yang dilakukan Pemerintah. TikTok atau yang lain untuk mengembangkan bidang-bidang yang diinginkan, silakan. Kami dari Kemendag akan membantu," lanjut Mendag Zulkifli Hasan.

Kementerian Perdagangan, lanjutnya, juga mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memasuki ekosistem digital. Sebelumnya, pemerintah telah memberikan pelatihan kepada para pedagang di pasar tradisional untuk berjualan secara daring.

Pemerintah sendiri menata agar pelaku usaha daring dan luring dapat berkembang dengan seimbang. Di sisi lain, ia mendoronga agar pelaku usaha luring berlatih untuk berjualan secara daring atau digital. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA