Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diduga Jual Barang Terlarang, eBay Digugat Departemen Kehakiman AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 28 September 2023, 12:31 WIB
Diduga Jual Barang Terlarang, eBay Digugat Departemen Kehakiman AS
Ilustrasi/Net
rmol news logo Mengatasnamakan Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), Departemen Kehakiman Amerika Serikat (DoJ) melayangkan gugatan terhadap platform eBay di pengadilan federal Brooklyn, Rabu (27/9) waktu setempat.

Dalam gugatannya, departemen menuding raksasa lelang online tersebut telah menjual ratusan ribu produk berbahaya dan beracun yang melanggar hukum lingkungan AS.

"eBay menjual, menawarkan untuk dijual, atau menyebabkan penjualan lebih dari 340,000 perangkat aftermarket, aksesori mobil dan truk yang dibuat untuk menonaktifkan kontrol emisi yang diwajibkan oleh undang-undang AS untuk meningkatkan penghematan bahan bakar," menurut gugatan tersebut, seperti dikutip dari Associated Press, Kamis (28/9).

Gugatan tersebut muncul setelah penyelidikan Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) menemukan bahwa eBay mengizinkan penjualan 23.000 item pestisida ilegal dan racun lainnya di platformnya. EPA menemukan bahwa eBay gagal memantau dan menghapus daftar produk-produk ini dengan benar, meskipun mereka menyadari masalah tersebut.

Tuduhan lain yang dialamatkan kepada eBay juga termasuk mengizinkan penjualan lebih dari 5.600 barang yang mengandung metilen klorida untuk menghilangkan cat dan pelapis, salah satu dari 52 tujuan dimana bahan kimia tersebut dinyatakan terlarang tahun lalu oleh EPA karena risiko kesehatan yang parah termasuk kanker, neurotoksisitas, dan kematian.

“ Undang-undang yang melarang penjualan produk yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan berlaku untuk pengecer e-commerce seperti eBay seperti yang mereka lakukan terhadap toko fisik," kata Asisten Jaksa Agung Todd Kim dari Divisi Lingkungan dan Sumber Daya Alam DoJ dalam siaran pers yang menyertai gugatan tersebut.

Raksasa e-commerce tersebut, yang bisa menghadapi denda miliaran dolar jika terbukti bersalah, mengecam gugatan tersebut sebagai yang belum pernah terjadi sebelumnya dan berjanji untuk melawan tuduhan tersebut.

"Ebay memblokir dan menghapus lebih dari 99,9 persen listing produk yang dikutip oleh DoJ, termasuk jutaan listing setiap tahunnya," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan yang dirilis sebagai tanggapan atas gugatan DoJ. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA