Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perusahaan Mobil Listrik Vietnam "VinFast" Bangun Pabrik di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 27 September 2023, 14:42 WIB
Perusahaan Mobil Listrik Vietnam "VinFast" Bangun Pabrik di Indonesia
Ilustrasi/Hani
rmol news logo Dana investasi senilai 200 juta dolar AS atau Rp 3,1 triliun telah disiapkan raksasa mobil listrik asal Vietnam, VinFast untuk membangun pabrik perakitan di Indonesia.

Dalam sebuah pernyataan, VinFast mengatakan pabriknya di Indonesia diharapkan dapat mulai beroperasi pada 2026 mendatang.

"Pabrik tersebut akan mampu memproduksi hingga 50.000 unit mobil per tahun," ungkapnya, seperti dikutip Investment Monitor, Rabu (27/9/2023).

Disebutkan juga alasan mengapa Indonesia sebagai salah satu dari tujuh klaster pasar baru Vietnam yang potensial, sehingga mereka berani membangun pabrik di sini.

"Indonesia termasuk dari tujuh klaster pasar potensial utama untuk pendirian fasilitas manufaktur kendaraan listrik dan baterai kami karena biayanya yang relatif rendah dan ketersediaan bahan baku dalam negeri," tambahnya.

Investasi yang diumumkan baru-baru ini adalah bagian dari rencana VinFast menginvestasikan 1,2 miliar dolar AS (Rp 18 triliun) di pasar Indonesia dalam jangka panjang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA