Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cek Beras di Semarang, Mendag Zulhas: Tidak Usah Khawatir, Stok Banyak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 26 September 2023, 17:20 WIB
Cek Beras di Semarang, Mendag Zulhas: Tidak Usah Khawatir, Stok Banyak
Mendag Zulkifli Hasan ketika meninjau Pasar Johar di Semarang, Jawa Tengah pada Selasa, 26 September 2023/Ist
rmol news logo Pemerintah akan terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga stabilitas harga beras, termasuk melalui berbagai program, seperti bantuan pangan hingga pasar murah.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen untuk memastikan ketersediaan beras bagi masyarakat.

“Saya sudah berkeliling Indonesia serta intens berkoordinasi dengan Badan Pangan Nasional dan Bulog untuk memastikan masalah beras terkendali. Stabilisasi harga beras di daerah pun disinergikan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah," kata Mendag Zulkifli Hasan ketika meninjau Pasar Johar di Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (26/9).

Ia mengatakan, pemerintah memiliki program bantuan pangan yaitu 10 kilogram beras per keluarga untuk 21,3 juta keluarga penerima manfaat yang dijalankan pada September sampai November 2023.

"Pemerintah juga bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menggelar pasar murah. Mudah-mudahan, harga beras dapat berangsur-angsur turun,” tambahnya.

Menurut Mendag, saat ini cadangan beras Bulog berada di taraf cukup sebanyak 1,6 juta ton. Ia pun menyampaikan agar masyarakat tidak khawatir.

“Tidak usah khawatir, stoknya banyak. Saat ini Bulog punya 1,6 juta ton beras dan akan masuk lagi 400 ribu ton. Jadi, berasnya banyak,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Dalam pantauan harga barang kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Johar, Mendag Zulkifli Hasan mendapati sejumlah harga komoditas tergolong stabil dibandingkan seminggu sebelumnya.

“Beras sudah tidak naik, tapi memang belum turun,” ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Dalam pemantauan, didapati harga beras medium stabil di Rp13.000/kg, kemudian beras premium stabil di Rp14.000/kg, gula pasir Rp14.000/kg, minyak goreng curah Rp13.050/liter, minyak goreng kemasan Rp18.000/liter, MINYAKITA Rp14.000/liter, tepung terigu Rp13.000/kg, daging sapi Rp130.000/kg, daging ayam ras Rp38.000/kg, telur ayam ras Rp25.000/kg, dan bawang putih kating Rp32.000/kg. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA