Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jawab Keresahan Pengusaha Lokal, UKM BOX Hadir dengan Layanan Kirim-Simpan-Jual Barang ke Luar Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 26 September 2023, 09:52 WIB
Jawab Keresahan Pengusaha Lokal, UKM BOX Hadir dengan Layanan Kirim-Simpan-Jual Barang ke Luar Negeri
CEO Indonesia In Your Hand, Amiranto Adi Wibowo saat berkunjung ke Kantor Berita Politik RMOL pada Senin, 25 September 2023/RMOL
rmol news logo Mahalnya biaya logistik dan sewa gudang terus menjadi isu besar di kalangan UKM dan koperasi.

CEO Indonesia In Your Hand, Amiranto Adi Wibowo, mengatakan ia memiliki harapan untuk bisa membantu permasalahan ini lewat jasa layanan kargo udara yang dibangunnya, UKM Box. 

UKM Box yang baru diluncurkan pertengahan bulan ini, merupakan hasil kolaborasi antara marketplace Indonesia In Your Hand, Garuda Indonesia, dan Kementerian Koperasi. 

UKM Box hadir dengan menawarkan jasa pengiriman, penyimpanan dan pendistribusian produk lokal ke luar negeri. Kehadirannya  diharapkan mampu menjadi jawaban atas berbagai keresahan yang dihadapi oleh para pengusaha lokal yang ingin memasarkan produknya di luar negeri.

Amir mengungkapkan, UKM Box menyediakan layanan untuk memfasilitasi pengiriman produk menggunakan pesawat garuda ke seluruh dunia. 
Layanan tersebut dapat diakses oleh seluruh UKM lokal, baik yang sudah memiliki buyer ataupun yang belum, di luar negeri.

"Bagi yang sudah, kami ada layanan ekspres kargo, langsung kirim door to door. Sementara yang belum kami akan mengirimkan ke gudang kami di luar negeri," ujarnya.

Amir menjelaskan bahwa barang-barang itu dapat disimpan di gudang-gudang mereka di luar negeri dan pemasarannya akan dibantu oleh jaringan serta toko online yang dimiliki UKM Box.

"Untuk gudang, kami mempunyai tiga, yakni warehouse di Belanda dan gudang kecil di Spanyol dan Kanada. Kemudian untuk penjualan kami ada toko fisik di Spanyol, dan toko online di Belanda dan Kanada bekerjasama sama dengan marketplace yang terkenal di sana, seperti home decor, amazon," jelasnya.

UKM Box disebut Amir bisa melayani pengiriman via udara untuk berbagai jenis barang, seperti makanan ringan, rempah, kopi dan teh, fesyen, dekorasi rumah, kerajinan tangan, mebel, furniture dan lainnya.

Menurut Amir, prospek dari UKM Box sangatlah besar, terutama setelah pandemi berakhir, orang-orang akan banyak mencari produk untuk mengisi rumahnya.

"UKM Box akan mencari setiap saat berbagai barang yang dibutuhkan oleh end user di seluruh dunia. Kami bekerjasama dengan diaspora dan supply chain yang ada di Belanda maupun di Eropa untuk memasarkannya," paparnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA