Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masyarakat Indonesia Mulai Sadar Siapkan Tabungan untuk Masa Pensiun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 25 September 2023, 14:45 WIB
Masyarakat Indonesia Mulai Sadar Siapkan Tabungan untuk Masa Pensiun
Ilustrasi/Net
rmol news logo Masyarakat Indonesia menyadari bahwa mereka perlu mempersiapkan diri untuk masa tua mereka.

Hal ini terlihat dari hasil riset yang dilakukan oleh Manulife Investment Management yang menunjukkan bahwa sebanyak 55 persen masyarakat Indonesia merasa bahwa mereka akan mencapai tujuan pensiunnya.

CEO & President Director PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Afifa mengatakan itu menjadi indikasi bahwa  masyarakat Indonesia memiliki tingkat kepercayaan yang cukup tinggi untuk menyambut masa pensiun mereka, dibandingkan dengan wilayah lainnya di Asia yang disurvei seperti Hong Kong, Malaysia, dan Taiwan.

Bahkan, hasil riset itu juga menunjukkan banyak yang ingin pensiun pada usia 55 tahun, tiga tahun sebelum usia pensiun resmi.

"Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa masyarakat Indonesia mulai menyisihkan dana untuk masa pensiun pada usia yang relatif lebih muda, yaitu pada usia 31 tahun," kata Afifa dalam keterangan tertulisnya.

Generasi muda sudah mulai menyisihkan uang untuk masa pensiun pada usia yang lebih dini. Gen Z pada usia 21 tahun dan Millenial pada usia 28 tahun, sedangkan generasi tua memulainya jauh lebih lambat. Gen X pada usia 36 tahun dan Baby boomer pada usia 42 tahun.

Hal ini juga menjelaskan mengapa generasi yang lebih muda memiliki keyakinan yang tinggi dalam mencapai tujuan pensiunnya, jelas Afifa.

Riset itu juga menjelaskan tujuan utama menabung dan berinvestasi di kalangan masyarakat Indonesia. Sebanyak 55 persen mengatakan untuk kondisi darurat dan untuk kemandirian finansial. Sementara 46 persen orang Indonesia mengatakan mereka menabung dan berinvestasi untuk kebutuhan anak-anaknya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA