Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BI Ungkap Alasan Harga Beras Bulan September Naik 4,4 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 21 September 2023, 18:45 WIB
BI Ungkap Alasan Harga Beras Bulan September Naik 4,4 Persen
Ilustrasi/Net
rmol news logo Hingga Kamis (21/9), harga beras terpantau terus mengalami kenaikan. Menurut data yang ditampilkan Panel Harga Badan Pangan, harga beras medium naik Rp130 ke rekor Rp12.980 per kg dan beras premium naik Rp200 ke Rp14.580 per kg.

Kenaikan itu dijelaskan secara lebih rinci oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida S. Budiman. Dia mengatakan bahwa bulan ini, beras telah naik harganya hingga 4,4 persen.

Dalam rapat Dewan Gubernur Bulanan Bulan September 2023, Aida mengatakan bahwa kenaikan itu disebabkan oleh dua faktor yakni musim dan fenomena iklim El Nino.

"Karena memang baru mulai musim tanam dan panen yang sekarang ini itu musim panen gadu. Lalu ada El Nino yang sedikit mengalami perpanjangan," jelasnya.

Dikatakan Aida, indeks El Nino saat ini memang terhitung lemah, namun waktunya diprediksi akan berlangsung lebih lama dari perkiraan awal.

"Tadinya kita perkirakan akhir tahun ini sudah selesai. Tapi ini ada pergeseran sedikit ke 1 bulan di tahun 2024," ujarnya.

Aida mengungkap bahwa pemerintah telah melakukan serangkaian upaya untuk menurunkan harga beras salah satunya dengan memberikan bansos beras dalam tiga bulan ini yakni September, Oktober, dan November.

Selain itu, BI juga menggelar Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di seluruh kantor perwakilan Bank Indonesia, bekerja sama dengan Kemendagri, Perum Bulog, dan pemerintah daerah.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA