Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Imbas Pembuangan Limbah Nuklir, Impor Makanan Laut Korsel dari Jepang Turun 34,8 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 18 September 2023, 09:07 WIB
Imbas Pembuangan Limbah Nuklir, Impor Makanan Laut Korsel dari Jepang Turun 34,8 Persen
Pasar Ikan di Seoul/Foto: Yonhap
rmol news logo Impor Korea Selatan (Korsel) atas makanan laut Jepang mengalami penurunan selama lima bulan berturut-turut pada Agustus 2023. Hal ini tak lepas dari kekhawatiran atas keputusan Tokyo membuang limbah radioaktif Fukushima ke laut.

Data dari Layanan Bea Cukai Korea yang dirilis Senin (18/9), menunjukkan bahwa Seoul mengimpor produk perikanan Jepang senilai 7,81 juta dolar AS pada bulan lalu, turun 34,8 persen dari tahun sebelumnya.

Yonhap melaporkan, merujuk data, bulan Agustus mencatatkan penurunan tahunan terbesar pada tahun ini, dan nilai impor bulan lalu merupakan angka bulanan terkecil dalam dua tahun terakhir.

Dalam hal volume, impor makanan laut Jepang mencapai 1.622 ton pada bulan Agustus, 24,9 persen lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya.

Jepang mulai membuang air radioaktif, yang telah disimpan di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima sejak tiga reaktor nuklir meleleh akibat gempa bumi dahsyat pada bulan Maret 2011, ke laut pada pada 24 Agustus 2023.

Dalam delapan bulan pertama tahun ini, nilai impor makanan laut Jepang turun 2,5 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 101,1 juta dolar AS, dengan volumenya turun 11,3 persen menjadi 17.480 ton. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA