Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bank Rusia Meluncurkan Pengiriman Uang Lintas Batas dalam Rupee India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 14 September 2023, 13:42 WIB
Bank Rusia Meluncurkan Pengiriman Uang Lintas Batas dalam Rupee India
Ilustrasi/Net
rmol news logo Bank terbesar kedua Rusia, VTB, mengumumkan pada Rabu (13/9) bahwa mereka akan meluncurkan transfer uang dalam rupee India (NIR) pada akhir September.

Langkah ini mengikuti jejak pemberi pinjaman terkemuka Rusia, Sberbank.

Pelanggan ritel akan dapat mengirim uang ke individu dan badan hukum di India dengan batas transaksi senilai  20 juta rubel (atau sekitar 213.000 dolar AS).
Akan ada komisi 1 persen dari jumlah transfer.

Pemberi pinjaman terkemuka di Rusia, Sberbank dan VTB, mengatakan mereka meningkatkan kemampuan mereka untuk mengkonversi rupee menjadi rubel untuk membantu perusahaan-perusahaan Rusia yang terkena sanksi Barat mengambil miliaran rupee di rekening bank India, seperti dilaporkan Sputnik.

India melalui Reserve Bank of India (RBI) pada Juli tahun ini mengizinkan bank asing untuk membuka rekening khusus INR “Vostro” di bank-bank India untuk memfasilitasi perdagangan mata uang nasional.

Kemudian pada Agustus, Menteri Negara Perdagangan India (MoS) Anupriya Patel mengatakan kepada Parlemen bahwa RBI telah menyetujui 34 permohonan dari berbagai bank Rusia untuk membuka rekening vostro di 14 bank India.

Patel mengatakan kepada Parlemen bahwa New Delhi telah mengambil beberapa langkah untuk mengatasi gangguan perdagangan India-Rusia yang disebabkan oleh sanksi Barat dan karena terputusnya bank-bank besar Rusia dari jaringan SWIFT.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengumumkan bahwa India berencana mengusulkan berbagai opsi investasi untuk “miliar rupee” yang telah dikumpulkan Rusia dari ekspor minyak besar-besaran ke negara Asia Selatan tersebut.

Jumlah yang setara dengan lebih dari $40 miliar rupee telah terakumulasi dalam rekening vostro khusus yang dimiliki bank-bank India untuk entitas Rusia dalam mata uang domestik. Rekening vostro biasanya dibuka di bank dalam negeri atas nama bank asing dalam mata uang domestik bank asing, dalam hal ini rupee. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA