Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Enam dari 58 Desa yang Gunakan Energi Terbarukan, Berhasil Lakukan Instalasi PLTS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 14 September 2023, 10:42 WIB
Enam dari 58 Desa yang Gunakan Energi Terbarukan, Berhasil Lakukan Instalasi PLTS
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pertamina meluncurkan Program Desa Energi Berdikari (DEB) sebagai upaya  mendukung roda ekonomi dan sosial dalam masyarakat.

Program ini akan menjadi bagian dari inisiatif Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Dalam keterangan tertulisnya baru-baru ini, VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan 58 Desa di Indonesia telah  mengadopsi program ini, di mana selama September 2023 ada penambahan 11 lokasi DEB.

Dari 11 lokasi itu, enam di antaranya berhasil teraliri energi terbarukan dengan melakukan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang merupakan hasil kerja sama dengan Pertamina New & Renewable Energy, sebuah anak perusahaan Pertamina yang bergerak pada sektor energi baru terbarukan.

Enam lokasi DEB tersebut mencakup Desa Singapure di Kabupaten Lahat, Tambakharjo di Semarang, Eka Jaya di Jambi, Tasikharjo di Kabupaten Tuban, Desa Larangan di Kota Cirebon dan Desa Adat Kedonganan di Kabupaten Badung.

Melalui program DEB juga dilakukan pemberdayaan masyarakat agar akselerasi transisi energi merata hingga ke pelosok desa.

Fadjar menegaskan bahwa Pertamina akan terus melanjutkan perjalanan dalam memberikan akses energi terbarukan bagi masyarakat Indonesia, hingga mencapai kemandirian energi dan ekonomi.

"Kami terus melanjutkan perjalanan dalam memberikan kesempatan dan mempercepat transisi energi bagi masyarakat salah satunya melalui program DEB, yang bisa bermanfaat menggerakkan roda perekonomian," kata Fadjar dalam keterangannya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA