Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Jakarta, Korea Selatan dan Filipina Teken Pakta Perdagangan Bebas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 08 September 2023, 10:16 WIB
Di Jakarta, Korea Selatan dan Filipina Teken Pakta Perdagangan Bebas
Menteri Perdagangan Korea Selatan Ahn Duk-geun (kanan, depan) dan Menteri Perdagangan Filipina, Alfredo Espinosa Pascual (kiri, depan), berjabat tangan setelah menandatangani Perjanjian Perdagangan Bebas Korea Selatan-Filipina di Jakarta pada 7 September 2023/Yonhap
rmol news logo Bertemu di Jakarta, Kamis (7/9), Menteri Perdagangan Korea Selatan Ahn Duk-geun dan Menteri Perdagangan Filipina Alfredo Espinosa Pascual menandatangani pakta perdagangan bebas yang diharapkan dapat meningkatkan hubungan ekonomi dan industri kedua negara.

Penandatangan yang terjadi di sela KTT ASEAN tersebut turut dihadiri oleh Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan Presiden Filipina Ferdinand Bongbong Romualdez Marcos Jr.

“Perjanjian ini diharapkan menjadi landasan bagi kerja sama berorientasi masa depan dengan negara utama di Asia Tenggara di berbagai bidang seperti otomotif, sumber daya alam, layanan kesehatan, budaya, dan e-commerce,” kata kementerian industri Korsel dalam rilisnya, seperti dimuat Yonhap.

"Berdasarkan kesepakatan tersebut, Korea Selatan akan menghapus tarif terhadap 94,8 persen dari seluruh barang dan Filipina akan menaikkan tarif terhadap 96,5 persen dari seluruh produk yang diperdagangkan," menurut kementerian tersebut.

Kementerian menambahkan, perjanjian tersebut diharapkan mulai berlaku pada paruh pertama tahun 2024.

Ini merupakan perjanjian perdagangan bebas bilateral kelima Korea Selatan dengan negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), setelah Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Kamboja. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA