Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu ASEAN-BAC Malaysia, Mendag Pastikan Indonesia Dukung Kemudahan Berbisnis Intra-ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 04 September 2023, 05:58 WIB
Bertemu ASEAN-BAC Malaysia, Mendag Pastikan Indonesia Dukung Kemudahan Berbisnis Intra-ASEAN
Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan melakukan pertemuan dengan Ketua ASEAN-BAC Malaysia, Tan Sri Nazir Razak di sela ASEAN Business Investment Summit ke-23 di Jakarta, Minggu (3/9)/Ist
rmol news logo Indonesia mendukung  terwujudnya kemudahan berbisnis antara para pelaku usaha di kawasan  ASEAN. Hal tersebut termasuk upaya mendorong digitalisasi yang meningkatkan efisiensi perdagangan di kawasan.

Menurut Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, kegiatan berbisnis antarpelaku sebagai satu ASEAN akan berkontribusi dalam memberi ASEAN keunggulan dari negara-negara lainnya.

Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan setelah bertemu Ketua Dewan Penasihat Bisnis ASEAN (ASEAN-Business Advisory Council atau ASEAN-BAC) Malaysia, Tan Sri Nazir Razak, Minggu (3/9), di sela-sela  Pertemuan Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (AECC Meeting).

“Jadi, semua memang harus dipermudah. ASEAN akan menjadi satu, paling tidak di bidang perdagangan,  investasi, dan jasa. Kemudian disatukan pula dengan digitalisasi yang bersifat paperless. Hal ini dilakukan  agar kita bisa bersaing dengan negara-negara lain,” tutur Mendag.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi ASEAN-BAC Malaysia diwakili para pengusaha di berbagai bidang. Di  antaranya transportasi dan perbankan. Mendag menyampaikan, para pengusaha Malaysia ingin terjadi  percepatan realisasi kesepakatan lingkup ASEAN, termasuk perdagangan intra-ASEAN.

“Misalnya pengiriman barang, keluar masuk barang. Hal itu sudah bisa dipermudah agar efisien,” imbuh Mendag.

Ia menambahkan, keputusan-keputusan terkait perdagangan di ASEAN akan dibahas para kepala negara pada Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN pada 5-7 September 2023 di Jakarta.

Total perdagangan Indonesia dan Malaysia selama lima tahun terakhir (2018-2022) menunjukkan tren  peningkatan sebesar 12,16 persen. Bahkan pada 2021 ke 2022, tren peningkatan total perdagangan tercatat sebesar 30,26 persen.

Adapun 5 komoditas utama dari Indonesia yang diekspor ke Malaysia adalah batu bara, kelapa sawit,  minyak bumi selain mentah, kokas minyak bumi, dan asam lemak monokarboksilat industri. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA