Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zulhas Diundang Khusus Mendag Jepang dalam Pertemuan G7 Ministers Meeting

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 25 Agustus 2023, 19:18 WIB
Zulhas Diundang Khusus Mendag Jepang dalam Pertemuan G7 Ministers Meeting
Menteri Perdagangan (Mendag) Jepang Yasutoshi Nishimura bersama Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan (Zulhas)/Ist
rmol news logo Menteri Perdagangan (Mendag) Jepang Yasutoshi Nishimura mengundang secara khusus Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk datang ke pertemuan G7 Ministers Meeting pada Oktober 2023 mendatang di Osaka, Jepang.

G7 atau Group of Seven merupakan forum antar negara-negara besar yang terdiri dari Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris dan Amerika Serikat serta Uni Eropa.

Hal tersebut disampaikan Nishimura pada pertemuan bilateral Indonesia-Jepang di sela-sela Trade and Investment Ministers Meeting (TIMM) G20 di Jaipur, India, Jumat (25/8).

“Kami mengundang Mendag Indonesia ke G7 Ministers Meeting di Osaka pada Oktober mendatang untuk bertukar pikiran terkait isu perdagangan berkelanjutan," kata Nishimura.

Mendag Zulhas menyambut hangat undangan tersebut dan menyatakan kesediaannya. Pada pertemuan tersebut dibahas juga sejumlah isu penting termasuk perundingan IJEPA atau Indonesia-JAPAN Economic Partnership Agreement.

Pemerintah Jepang berharap perjanjian tersebut dapat diselesaikan sebelum dilangsungkannya KTT ASEAN Japan Commemorative Summit di Tokyo.

Mendag Zulhas dan Mendag Nishimura juga menyinggung eratnya hubungan Indonesia-Jepang dan berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama dagang antar negara.

“Tadi kita diskusi mengenai 50 tahun hubungan Jepang dan ASEAN. Sangat baik. Jepang mendorong agar Indonesia mendukung aksesi Timor Leste ke WTO. Saya akan sampaikan dan laporkan ke Presiden mengenai hal ini," kata Mendag yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA