Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komitmen Tingkatkan Ekspor Rempah ke India, Indonesia Cari Solusi Hambatan Tarif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 24 Agustus 2023, 22:19 WIB
Komitmen Tingkatkan Ekspor Rempah ke India, Indonesia Cari Solusi Hambatan Tarif
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan ketika mengunjungi Agricultural Products and Livestock Market Committee (APMC) Market di Navi, Mumbai, India pada Rabu, 23 Agustus 2023/Ist
rmol news logo Indonesia berkomitmen untuk memperkuat hubungan dagang dengan India. Salah satunya dalam mengekspor rempah.

Komitmen disampaikan oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan ketika mengunjungi Agricultural Products and Livestock Market Committee (APMC) Market di Navi, Mumbai, India pada Rabu (23/8).

APMC Market merupakan pusat perdagangan rempah terbesar di India dan menjadi salah satu yang terbesar di Asia dan dunia. APMC Market memiliki 15.000 perusahaan terdaftar dengan luas kawasan sebesar 77 hektare.

Kunjungan ini dilakukan Mendag Zulkifli Hasan sebelum menghadiri G20 Trade and Investment Ministers’ Meeting (TIMM) di Jaipur, India.

“Indonesia akan terus memperkuat hubungan dagang dengan India, khususnya di sektor perdagangan rempah," kata Mendag Zulkifli.

Mendag mengaku terkejut dengan skala perdagangan rempah di APMC dengan pengelolaannya yang begitu maju.

"Untuk itu, Indonesia harus belajar. Setelah G20 TIMM, saya akan bicara dengan Mendag India Piyush Goyal untuk mencari solusi tentang hambatan-hambatan tarif. Saya minta perwakilan perdagangan India untuk mengawal,” tambah Mendag Zulkifli.

Pada kunjungan ini, Mendag Zulkifli Hasan disambut Direktur Komal Exotic Spices (K Ahuja Foods) Gopaal Ahuja dan Chairman Navi Mumbai Merchant’s Chamber Kirti Rana. Ia didampingi Konjen RI Mumbai Eddy Wardoyo dan Kepala ITPC Chennai Nugroho Priyo Pratomo.

Mendag Zulkifli Hasan juga bertemu para pengusaha rempah India yang tergabung dalam Navi Mumbai Merchant’s Chamber. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA