Dimensy.id
Apollo Solar Panel

El Nino Ancam Ekonomi Nasional, Begini Kata Menko Perekonomian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 07 Agustus 2023, 19:13 WIB
El Nino Ancam Ekonomi Nasional, Begini Kata Menko Perekonomian
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/RMOL

rmol news logo Fenomena ekstremnya cuaca panas akibat peningkatan suhu permukaan air di Samudra Pasifik atau El Nino mengancam perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Industri pangan terancam gagal panen sebagai dampak buruk dari serangan El Nino.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan pemerintah akan melihat semester kedua ekonomi nasional, dan telah menggelar rapat di sektor pangan untuk memitigasi dampak terburuk akibat badai El Nino.


“Kita menghendaki, agar stok beras menjelang akhir tahun itu bisa di angka di atas 2,2 juta, jadi ini yang kemarin sudah dirapatkan di rapat terbatas, dengan bapak presiden, dan arahan kepada bulognya sudah jelas. Ini terus dijaga sehingga ketersediaan pangan sampai akhir tahun diamankan,” kata Airlangga dalam konferensi pers bertemakan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal II Tahun 2023, di Selasar Kertagama, Gedung Ali Wardhana, Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (7/8).


Pemerintah, kata Airlangga, akan menaruh perhatian serius terhadap pangan nasional untuk memitigasi dampak terburuk dari fenomena El Nino.


Laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika akan menjadi rujukan pemerintah mengambil langkah antisipatif. Namun untuk saat ini, Kementerian Pertanian telah menjanjikan beberapa daerah untuk lahan pertanian dengan benih yang tahan terhadap berbagai cuaca.


“Dengan dipersiapkannya spesifikasi benih tertentu yaitu benih yang relatif lebih tahan terhadap perubahan cuaca,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA