Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Perdagangan Bilateral, Mendag Zulhas Teken MoU JTC dengan Mesir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 16 Mei 2023, 10:24 WIB
Tingkatkan Perdagangan Bilateral, Mendag Zulhas Teken MoU JTC dengan Mesir
Penandatanganan MoU Joint Trade Committee (JTC) oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dan Menteri Perdagangan Mesir Ahmed Samir Saleh di Kairo pada Senin, 15 Mei 2023/Ist
rmol news logo Indonesia dan Mesir terus meningkatkan kerja sama perdagangan bilateral lewat penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Joint Trade Committee (JTC) atau Pembentukan Komite Perdagangan Bersama.

MoU JTC ditandatangani oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dan Menteri Perdagangan Mesir Ahmed Samir Saleh di Kairo pada Senin (15/5). Penandatanganan MoU ini merupakan bagian dari rangkaian agenda kunjungan Mendag ke Mesir dari 14-16 Mei 2023.

Ini juga merupakan tindak lanjut dari Pernyataan Bersama Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi di Jakarta pada 4 September 2015.

"Saya berharap, forum JTC dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mengidentifikasi berbagai potensi peningkatan perdagangan kedua negara sekaligus menjadi wadah penyelesaian hambatan perdagangan yang berorientasi pada kepentingan bersama," ujar pria yang kerap disapa Zulhas ini.

Adapun dalam forum JTC akan diidentifikasi dan diterapkan langkah-langkah yang dapat meningkatkan hubungan dagang kedua negara, termasuk menyelesaikan masalah dan hambatan perdagangan, serta menjadi media konsultasi dan pertukaran informasi perdagangan.

“Indonesia merupakan negara mitra yang penting bagi Mesir. Kami sepakat bahwa hubungan perdagangan harus ditingkatkan ke tingkat yang lebih tinggi,” kata Menteri Ahmed Amir Saleh.

Nantinya, forum JTC akan dipimpin oleh pejabat setingkat Direktur Jenderal, yakni Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional bagi Indonesia dan First Secretary of Egyptian Commercial Services bagi Mesir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA