Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pesan Mendag Zulhas: UMKM Terus Cari Peluang dan Jangan Menyerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 03 Maret 2023, 16:06 WIB
Pesan Mendag Zulhas: UMKM Terus Cari Peluang dan Jangan Menyerah
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ketika melakukan audiensi dengan komunitas UMKM Bandar Lampung pada Kamis, 2 Maret 2023/Ist
rmol news logo Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perlu lihai mencari peluang di era pascapandemi Covid-19 seperti saat ini. Untuk itu penting untuk terus berusaha dan tidak menyerah.

Begitu motivasi yang disampaikan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ketika menggelar audiensi dengan komunitas UMKM di Pusat Oleh-oleh Lampung Keripik Oleh Shinta, Bandar Lampung, Provinsi Lampung pada Kamis (2/3).

"Kesulitan bisa dibalik menjadi peluang, tetapi syaratnya kita memang tidak boleh menyerah. Untuk itu, kita harus mempelajari ilmunya. Dalam berusaha itu ada jatuh bangunnya. Ketika menghadapi cobaan dalam bisnis, saya melihat itu sebagai ujian untuk maju ke tingkat selanjutnya,” kata Mendag Zulkifli.  

Pria yang akrab disapa Zulhas ini juga menekankan pentingnya integritas dalam menjalankan tugas. Menurutnya, kepercayaan dari mitra bisnis adalah hal yang utama.

Di samping itu, ia juga memperingatkan agar pelaku UMKM terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri. Termasuk dengan mengikuti berbagai kursus dan membaca buku.

“Hidup itu belajar, setiap momen itu belajar. Kita bisa belajar dari anak, dari lingkungan. Belajar mencari peluang dan kesempatan, jangan malas,” imbaunya.

Selama kegiatan tersebut, pemilik Pusat Oleh-Oleh Lampung Keripik Oleh Shinta, yaitu Heru Kurniawan dan Shinta, turut berdiskusi terkait perjalanan berbisnis dan menjawab pertanyaan para pelaku UMKM yang didominasi kaum perempuan.

Sejumlah produk UMKM juga dipamerkan, seperti produk makanan dan minuman olahan, serta kain Tapis khas Lampung. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA