Berita

Ilustrasi/Ist

Bisnis

Anak Usaha Telkom Hadirkan Beragam Inovasi Bisnis Berbasis AI

SENIN, 21 OKTOBER 2024 | 15:38 WIB | LAPORAN: ADITYO NUGROHO

Teknologi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) telah menjadi salah satu bidang yang paling cepat berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Di Indonesia, perkembangan AI menunjukkan gejala yang sama dengan tren global, di mana banyak perusahaan mulai mengeksplorasi dan mengintegrasikan AI untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. 

Infomedia sebagai anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan penyedia layanan Digital Business Process Outsourcing (BPO) berbasis teknologi AI di Indonesia, berkomitmen untuk menghadirkan solusi yang inovatif melalui penerapan AI Automation dan Analytics (3A) baik di bagian front-end maupun back-end perusahaan. Dengan memanfaatkan teknologi AI, Infomedia mampu menawarkan layanan yang lebih efisien kepada kliennya.

Direktur Utama Infomedia Eddy Sofryano menyampaikan, pentingnya perusahaan menerapkan teknologi AI ini merupakan salah satu cara untuk tetap agile terhadap perubahan dan dinamika bisnis yang terjadi begitu cepat. 

“Saya yakin penerapan teknologi AI dalam setiap unit/fungsi perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas bisnis jauh lebih tinggi,” ucap Eddy dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin, 21 Oktober 2024. 

Salah satu aspek penting dari layanan yang ditawarkan oleh Infomedia adalah otomatisasi proses bisnis. Melalui AI Automation, banyak proses yang dulunya dilakukan secara manual kini dapat diotomatisasi. 

Misalnya, Contact Center dan Omnichannel AI (OmniX AI) yang diterapkan dalam layanan pelanggan dapat mengelola chatbot berbasis AI, menangani pertanyaan yang sering diajukan secara otomatis, memberikan rekomendasi tindakan kepada agen berdasarkan pola interaksi yang telah dianalisis dari data sebelumnya, sehingga mengurangi beban kerja agen layanan pelanggan, dan memberikan respon yang lebih cepat kepada pelanggan. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga menciptakan customer experience yang lebih optimal.

Selain itu, Infomedia juga memanfaatkan AI dalam analisis data. Dengan menggunakan algoritma machine learning, Infomedia dapat membantu perusahaan dalam menganalisis data pelanggan dan memberikan solusi berbasis data yang lebih efektif. 

Misalnya, analisis sentimen yang diterapkan pada umpan balik pelanggan dapat memberi wawasan berharga tentang kepuasan pelanggan dan area yang perlu ditingkatkan. Dengan demikian, perusahaan tidak hanya bisa memahami kebutuhan pelanggan, tetapi juga merespons dengan lebih tepat dan cepat.

Pada operasional back-end process, Infomedia menerapkan teknologi ini dalam proses human resource untuk memenuhi journey pekerja from hire to retire. Secara langsung manfaat dari penerapan teknologi AI ini telah tercermin dalam beragam implementasi rekrutmen berskala besar di Indonesia. 

Bahkan tidak hanya itu, transformasi digital melalui pemrosesan dokumen secara digital juga telah diterapkan dalam layanan Doc.AI untuk pengambilan data, klasifikasi, verifikasi, serta mendapatkan wawasan mendalam dari informasi yang ada.

Melihat perkembangan yang ada, masa depan teknologi AI di Indonesia tampaknya sangat menjanjikan. 

“Implementasi Contact Center AI di salah satu pusat layananan pelanggan yang dikelola Infomedia telah berhasil meningkatkan efisiensi hingga 30 persen. Kita dapat berharap bahwa penerapan teknologi ini akan semakin luas dan mendalam. Infomedia bukan hanya memperkenalkan teknologi, tetapi juga membangun kolaborasi yang mendukung inovasi dan pertumbuhan di sektor digital,” sambung Eddy.

Dalam waktu dekat, Infomedia akan menghadirkan sesi conference dengan tema Infinite - Infomedia Insight in Technology Excellence di akhir Oktober 2024 mendatang. Melalui acara ini, Infomedia menghadirkan kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, institusi maupun asosiasi untuk memberikan insight tentang revolusi AI. 

Ke depan, sangat penting untuk memastikan bahwa semua pihak dapat merasakan manfaat dari kemajuan teknologi AI yang akan membawa Indonesia menuju era baru dalam dunia bisnis. Bagaimana teknologi AI dapat diterapkan untuk meningkatkan efisiensi dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan menjadi tujuan perusahaan disertai dengan komitmen untuk terus berinovasi dan mengedukasi pasar.

Lebih lanjut mengenai Teknologi 3A yang dapat terimplementasi di CRM dan back office perusahaan serta informasi seputar Infomedia Conference 2024 dapat mengunjungi situs kami di www.infomedia.co.id.

Populer

KPK Kembali Periksa Pramugari Jet Pribadi

Jumat, 28 Februari 2025 | 14:59

Sesuai Perintah Prabowo, KPK Harus Usut Mafia Bawang Putih

Minggu, 02 Maret 2025 | 17:41

Digugat CMNP, Hary Tanoe dan MNC Holding Terancam Bangkrut?

Selasa, 04 Maret 2025 | 01:51

Lolos Seleksi TNI AD Secara Gratis, Puluhan Warga Datangi Kodim Banjarnegara

Minggu, 02 Maret 2025 | 05:18

CMNP Minta Pengadilan Sita Jaminan Harta Hary Tanoe

Selasa, 04 Maret 2025 | 03:55

KPK Terus Didesak Periksa Ganjar Pranowo dan Agun Gunandjar

Jumat, 28 Februari 2025 | 17:13

Bos Sritex Ungkap Permendag 8/2024 Bikin Industri Tekstil Mati

Senin, 03 Maret 2025 | 21:17

UPDATE

BRI Salurkan KUR Rp27,72 Triliun dalam 2 Bulan

Senin, 10 Maret 2025 | 11:38

Badai Alfred Mengamuk di Queensland, Ribuan Rumah Gelap Gulita

Senin, 10 Maret 2025 | 11:38

DPR Cek Kesiapan Anggaran PSU Pilkada 2025

Senin, 10 Maret 2025 | 11:36

Rupiah Loyo ke Rp16.300 Hari Ini

Senin, 10 Maret 2025 | 11:24

Elon Musk: AS Harus Keluar dari NATO Supaya Berhenti Biayai Keamanan Eropa

Senin, 10 Maret 2025 | 11:22

Presiden Prabowo Diharapkan Jamu 38 Bhikkhu Thudong

Senin, 10 Maret 2025 | 11:19

Harga Emas Antam Merangkak Naik, Cek Daftar Lengkapnya

Senin, 10 Maret 2025 | 11:16

Polisi Harus Usut Tuntas Korupsi Isi MinyaKita

Senin, 10 Maret 2025 | 11:08

Pasar Minyak Masih Terdampak Kebijakan Tarif AS, Harga Turun di Senin Pagi

Senin, 10 Maret 2025 | 11:06

Lebaran di Jakarta Tetap Seru Meski Ditinggal Pemudik

Senin, 10 Maret 2025 | 10:50

Selengkapnya