Berita

Ilustrasi Foto/Ist

Bisnis

Anak Usaha Telkom Dukung Pertumbuhan Industri Berkelanjutan Lewat AI

JUMAT, 27 SEPTEMBER 2024 | 20:43 WIB | LAPORAN: ADITYO NUGROHO

Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), PT Infomedia Nusantara yang berfokus pada penyediaan solusi Business Process Outsourcing (BPO), berhasil meraih penghargaan sebagai “The 2024 Indonesian Customer Experience Management Services Company of the Year” di ajang bergengsi “Best Practices Award” yang diselenggarakan oleh Frost & Sullivan.

Lembaga konsultasi bisnis terbesar di dunia tersebut menilai bahwa Infomedia unggul dalam berbagai kriteria inovasi yang visioner di bidang customer experience dengan mengembangkan dan mengimplementasikan Automation, AI, dan Analytics (3A) sehingga mampu memberikan manfaat yang signifikan bagi pertumbuhan bisnis perusahaan dan pelanggannya.

Sr. Director, ICT Practice-Asia Pacific Krishna Baidya menegaskan dengan terus mendorong batasan transformasi digital, Infomedia telah menunjukkan kemampuan mendalam untuk memberikan dampak positif kepada kliennya melalui pendekatan yang dirancang dengan cermat yang mencakup seluruh perjalanan pelanggan, mulai dari proses pencarian informasi, pembelian, kepemilikan hingga pelayanan yang berkelanjutan.

“Pendekatan pelayanan secara holistik ini, memastikan terciptanya nilai bagi klien di setiap tahapan customer journey, yang memperkuat posisi Infomedia sebagai mitra terpercaya dalam layanan BPO digital,” ucap Krishna dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (27/9).

Melalui transformasi digital, Frost & Sullivan menilai bahwa Infomedia akan mampu memberdayakan perusahaan untuk mencapai pengalaman pelanggan yang unggul yang akan mendorong pertumbuhan pasar. Dengan melakukan pendekatan yang berpusat pada pelanggan, Infomedia diyakini dapat mengambil ceruk pasar yang masih besar dalam layanan pengelolaan customer experience yang menyeluruh.

Direktur Utama Infomedia Eddy Sofryano menyampaikan, pendekatan komprehensif ini kami harapkan dapat membantu pelanggan dalam melalui perjalanan transformasi digital mereka, menawarkan layanan konsultasi, pengembangan platform, dan layanan manage service. Infomedia secara khusus juga memperkuat organisasi dengan pembentukan unit 3A sebagai komitmen untuk mengintegrasikan teknologi canggih ke dalam layanannya.

“Unit ini berfokus pada pengembangan solusi yang meningkatkan efisiensi dan memberikan Customer Experience (CX) yang unggul. Tim Center of Excellence melengkapi upaya ini dengan berinovasi dalam solusi baru yang memanfaatkan AI, otomatisasi, dan analitik, sehingga Infomedia tetap menjadi yang terdepan dalam teknologi,” jelasnya.

Chairman of Frost & Sullivan David Frigstad menyatakan, Frost & Sullivan memberikan pengakuan ini kepada perusahaan-perusahaan terdepan yang melakukan inovasi dan pertumbuhan di industri masing-masing.

“Perusahaan-perusahaan ini mengonsolidasikan posisi kepemimpinan mereka dengan berinovasi dan menciptakan produk, solusi, dan layanan baru yang memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang,” ungkapnya.

Implementasi praktik tata kelola dan komitmen standarisasi prosedur dalam pengelolaan data dengan perbaikan berkelanjutan menjadi nilai tambah yang diberikan Infomedia kepada pelanggan.

Hal ini, mendapatkan umpan balik yang cukup positif dari pelanggan dimana indikator kinerja utama, seperti survei pelanggan reguler Net Promoter Score (NPS), Indeks Kepuasan Pelanggan (CSI), dan Indeks Loyalitas Pelanggan (CLI), dinilai unggul, dan Infomedia dinilai mampu memberikan solusi yang relevan dengan kebutuhan dan preferensi klien guna menyempurnakan dan mempertahankan standar yang tinggi. Secara berkelanjutkan, umpan balik ini juga menjadi masukan untuk perbaikan-perbaikan ke depan.

Kepercayaan para pelanggan kepada Infomedia juga tercermin dari adanya perluasan berbagai lingkup kerjasama yang dikelola termasuk adopsi dan pengembangan teknologi 3A. Hal ini dinilai Frost & Sullivan sebagai tingkat kepuasan dan kepercayaan yang tinggi, yang secara signifikan berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan dan klien.

Sehingga, pada tahun 2023, perusahaan menghasilkan pertumbuhan pendapatan sebesar 1 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dan menandai pertumbuhan laba bersih 30 persen dari tahun sebelumnya. Performansi ini menjadikan Infomedia unggul dalam menghadirkan solusi pilihan untuk BPO dengan kemampuan digital yang konsisten mendorong inovasi dan memaksimalkan penciptaan nilai.

Populer

Demo di KPK, GMNI: Tangkap dan Adili Keluarga Mulyono

Jumat, 20 September 2024 | 16:22

Mantan Menpora Hayono Isman Teriak Tanah Keluarganya Diserobot

Jumat, 20 September 2024 | 07:04

KPK Ngawur Sebut Tiket Jet Pribadi Kaesang Rp90 Juta

Rabu, 18 September 2024 | 14:21

Kaesang Kucing-kucingan Pulang ke Indonesia Naik Singapore Airlines

Rabu, 18 September 2024 | 16:24

Fufufafa Diduga Hina Nabi Muhammad, Pegiat Medsos: Orang Ini Pikirannya Kosong

Rabu, 18 September 2024 | 14:02

Kaesang Bukan Nebeng Private Jet Gang Ye, Tapi Pinjam

Rabu, 18 September 2024 | 03:13

Makin Ketahuan, Nomor Ponsel Fufufafa Dicantumkan Gibran pada Berkas Pilkada Solo

Senin, 23 September 2024 | 09:10

UPDATE

Sirkuit Mandalika Dapat Pujian dari Alex dan Marc Marquez

Jumat, 27 September 2024 | 20:07

Jokowi Bakal Serahkan Tanda Kehormatan untuk KRI Nanggala 402

Jumat, 27 September 2024 | 20:05

Singgung Masalah Keluarga, Paslon Nadi Dinilai Diskreditkan Perempuan

Jumat, 27 September 2024 | 19:47

Gugatan Praperadilan Ditolak, Status Tersangka Halim Ali Makin Kuat

Jumat, 27 September 2024 | 19:28

Aset Bank Mandiri Tumbuh 46 Persen Sejak 2020

Jumat, 27 September 2024 | 19:18

Akademisi: Jaksa Tidak Berwenang Jadi Penyidik Kasus Korupsi

Jumat, 27 September 2024 | 19:15

Shigeru Ishiba Menang Pemilu LDP, Siap Jadi PM Jepang Berikutnya

Jumat, 27 September 2024 | 19:14

AHY Resmikan Program Perbaikan Rumah di Jakarta Pusat

Jumat, 27 September 2024 | 18:56

Septic Tank di Tiongkok Meledak, Tinja Menyembur Hingga 10 Meter

Jumat, 27 September 2024 | 18:52

DKPP Minta Kantor Perwakilan di Setiap Provinsi

Jumat, 27 September 2024 | 18:51

Selengkapnya