Berita

Sekretaris Jenderal NATO Jen Stoltenberg duduk untuk berdiskusi dengan Menteri Luar Negeri Park Jin dari Korea Selatan selama kunjungannya ke Seoul pada 29 Januari 2023/Net

Dunia

Peneliti: Kunjungan Stoltenberg ke Korsel dan Jepang Menghasut Terciptanya NATO Versi Asia

RABU, 01 FEBRUARI 2023 | 08:48 WIB | LAPORAN: RENI ERINA

Kunjungan  Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg ke Korea Selatan dan Jepang baru-baru ini  menjadi sorotan Korea Utara dengan seorang peneliti mengatakan kunjungan  itu akan menjadi konfrontasi baru.

Kim Tong Myong, seorang peneliti Society for International Politics Study di Korea Utara, mengatakan dalam artikel yang dimuat oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA),  bahwa perjalanan Sekjen NATO Jens Stoltenberg ke Asia Timur Laut tampaknya ditujukan untuk "menghasut " terciptanya NATO versi Asia.

“Kepala tinggi organisasi militer yang mengubah Ukraina menjadi teater perang proksi, sedang terbang ke wilayah Asia-Pasifik belahan timur melintasi laut dan darat, yang bahkan bukan bagian dari lingkup operasionalnya. Fakta ini sendiri menimbulkan kekhawatiran,” tulis Kim.

NATO telah lama melakukan upaya gigih untuk memperluas lingkup pengaruhnya yang terbatas pada pertahanan Eropa ke kawasan Asia-Pasifik, yang telah menjadi pusat strategis dunia.

Kim menguraikan beberapa peristiwa, seperti NATO yang menggelar latihan militer bersama negara-negara anggota dengan  memperkenalkan angkatan bersenjatanya termasuk kapal induk dan pesawat tempur. Itu dilakukan dengan dalih menentang apa yang disebut "perubahan status quo dengan kekuatan", menurut Kim.  

NATO  juga mempertimbangkan untuk memperluas pengaruhnya ke kawasan Asia-Pasifik dengan cara memperluas dan memperkuat kerja sama dengan sekutu keamanan eksklusif seperti AUKUS, Quad, dan Five Eyes.

"Secara khusus, NATO telah memacu penguatan hubungan bilateral dengan Korea Selatan dan Jepang dalam beberapa tahun terakhir, yang belum pernah terjadi sebelumnya, menganggap mereka sebagai penghubung utama dalam mewujudkan ambisinya untuk hegemoni," kata Kim.

Kunjungan NATO ke Korea Selatan dan Jepang bukan saja dilakukan baru-baru ini, Pada April dan Juni tahun lalu NATO juga melakukan kunjungan serupa yang disebutnya untuk membahas kemitraan dan kerja sama militer yang lebih erat. Kemudian pada akhir Juni, Korea Selatan dan Jepang berpartisipasi dalam KTT NATO di Madrid Spanyol untuk pertama kalinya.

Korea Selatan menandatangani kontrak penjualan besar untuk senjata termasuk tank berat, senjata self-propelled dan pesawat tempur senilai puluhan miliar dolar AS dengan Polandia, negara anggota NATO. Lalu,  Jepang setuju untuk bersama-sama mengembangkan pesawat tempur generasi berikutnya dengan Inggris dan Italia.

"Ini jelas membuktikan sejauh mana niat jahat NATO untuk menggunakan Korea Selatan dan Jepang untuk memperluas pengaruhnya telah tercapai." kata Kim.

"NATO, yang menetapkan Rusia sebagai ancaman terbesar dan langsung, dan China sebagai tantangan sistematis dalam 'konsep strategis' barunya tahun lalu, kini secara terbuka merentangkan tangannya ke Korea Selatan dan Jepang. Tujuannya cukup jelas," tambah Kim.

Hanya masalah waktu perangkat keras militer Korea Selatan dan Jepang yang mengalir ke NATO terlihat di medan perang Ukraina, menurut Kim.

Korea Selatan dan Jepang yang mencoba mengurus urusan mereka sendiri dengan mengundang tamu tak diundang ke wilayah tersebut harus menyadari dengan baik bahwa mereka semakin dekat dengan krisis keamanan yang ekstrim, jauh dari meredam kegelisahan keamanan.

"Negara-negara kawasan dan komunitas internasional harus tetap waspada terhadap seringnya langkah NATO menuju Asia-Pasifik," tutup Kim.

Populer

Pesawat Nepal Jatuh, Hanya Satu Orang yang Selamat

Rabu, 24 Juli 2024 | 15:16

Walikota Semarang dan 3 Lainnya Dikabarkan Berstatus Tersangka

Rabu, 17 Juli 2024 | 13:43

KPK Juga Tetapkan Suami Walikota Semarang dan Ketua Gapensi Tersangka

Rabu, 17 Juli 2024 | 16:57

Walikota Semarang dan Suami Terlibat 3 Kasus Korupsi

Rabu, 17 Juli 2024 | 17:47

KPK Bakal Audit Semua Rumah Sakit Telusuri Dugaan Fraud BPJS Kesehatan

Rabu, 24 Juli 2024 | 18:51

Kantor Rahim di Depok Ternyata Rumah Tinggal, Begini Kondisinya

Rabu, 17 Juli 2024 | 11:05

Duet Airin-Rano Karno Tak Terbendung di Pilkada Banten

Rabu, 17 Juli 2024 | 13:23

UPDATE

Sabotase Kereta Cepat Jelang Pembukaan Olimpiade Paris, PM Prancis: Ini Dilakukan Terencana

Sabtu, 27 Juli 2024 | 17:47

Banyak Hadiah Menarik Pertamina di Booth dalam Event GIIAS 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 | 17:37

Kabar Deklarasi Anies-Zaki, Golkar: Hoax!

Sabtu, 27 Juli 2024 | 17:15

Ekonomi Lesu, Laba Industri China Justru Naik 3,6 Persen

Sabtu, 27 Juli 2024 | 17:07

Putri Suku Oburauw Catar Akpol: Saya Busur Panah untuk Adik-adik

Sabtu, 27 Juli 2024 | 16:58

Kuasa Hukum Dini: Hakim Persidangan Greg Tannur Berat Sebelah

Sabtu, 27 Juli 2024 | 16:35

Dimyati Masih Ngarep Golkar dan PDIP Gabung

Sabtu, 27 Juli 2024 | 16:10

Menyusul TNI, Polri Rotasi 6 Kapolda Jelang Pilkada

Sabtu, 27 Juli 2024 | 15:32

Masih Cair, Peluang Jusuf Hamka di Pilkada Jakarta Masih Terbuka

Sabtu, 27 Juli 2024 | 15:31

4 Pangdam Dirotasi Jelang Pilkada, Ajudan Jokowi jadi Pangdam Brawijaya

Sabtu, 27 Juli 2024 | 15:13

Selengkapnya