Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno/Ist
Berbagai inovasi tengah dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengembangkan destinasi-destinasi pariwisata di Tanah air.
Salah satunya dengan menggali cerita dan narasi atau kerap disebut storynomics di balik suatu destinasi pariwisata.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, narasi atau cerita dibutuhkan untuk menguatkan citra suatu destinasi pariwisata.
Berkaca dari Bali, dikatakan Sandiaga, cerita dan narasi yang kuat di balik destinasinya mampu mengundang wisatawan untuk selalu kembali ke Pulau Dewata.
"Mengapa wisatawan terus menerus kembali ke Bali. Karena Bali tidak hanya sekadar menawarkan alam yang indah, spot-spot wisata yang menarik, tetapi juga ada cerita dan narasi yang kuat dibaliknya," kata Sandiaga dalam keterangannya, Kamis (25/3).
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini mengatakan, cerita dan narasi di balik suatu destinasi bisa memunculkan relasi yang kuat bagi wisatawan.
"Inilah yang kami coba kembangkan di seluruh destinasi pariwisata. Kita bangun
storynomics-nya, untuk memperkenalkan setiap destinasi pariwisata di Indonesia yang bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai peluang usaha dan lapangan kerja," jelasnya.
"Jadi apa yang menjadi
story telling sehingga kita mengkonsumsi berulang kali itu tentu dengan pengalaman berbeda-beda. Jadi inovasi, adaptasi dan kolaborasi itu kuncinya," demikian Sandiaga.