Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga/Net
Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia.
Lembaga riset ENCIETY menyebut bahwa kegiatan CSR Telkom sangat efektif dan berdampak positif bagi masyarakat. Selama dua tahun, lembaga ini menilai kegiatan CSR Telkom selalu di atas 70 persen CSR Index alias istimewa.
“Di 2016 nilai skor dari Telkom sebesar 70,18 persen dan 2017 sebesar 73,07 persen. Ini bukti kalau selama ini kegiatan CSR yang dilakukan Telkom selalu terukur dan berdampak positif bagi lingkungan operasinya," ungkap Senior General Manager Community Development Center Telkom M Sulthonul Arifin di Jakarta, Kamis (19/4).
Kata dia, yang menjadi tolak ukur riset ini adalah perspektif dari masyarakat terhadap Telkom. Pola perhitungan CSR Index ini sama dengan yang dilakukan perusahaan internasional seperti Google yang punya skor sekitar 75 persen.
Telkom sebagai Digital Telecommunication Company, kata dia, selalu menjadikan program CSR sebagai pemberdayaan komunitas dalam mewujudkan rasa kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.
"Tahun ini prioritas Telkom untuk CSR di bidang budaya, peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), dan pembangunan daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T)," tambahnya.
Sementara itu, VP Corporate Communication Telkom Arif Prabowo memastikan kegiatan CSR Telkom selalu proporsional sesuai dengan keberagaman masyarakat Indonesia.
"Langkah ini kami lakukan karena sangat menyadari dan mengapresiasi kebhinekaan yang ada di tengah masyarakat Indonesia," jelasnya.
[ian]