Toyota membukukan penÂjualan wholesales 31.424 unit dan menguasai pangsa pasar sebesar 30,9 persen pada Maret 2018. Kinerja penjualan bulan lalu tumbuh 13,6 persen dibandingkan denÂgan Februari 2018 sebanyak 27.665 unit.
Kenaikan terjadi di segmen-segmen yang menjadi tulang punggung penjualan seperti Multi Purpose Vehicle (MPV), Sport Utility Vehicle (SUV), dan hatchback. Pencapaian ini, memperlihatkan di tengah persaingan pasar yang ketat, produk Toyota tetap menarik minat pelanggan.
Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, sejumlah produk baru yang diluncurkan mendapat respons yang sangat positif. PermintÂaannya pun meningkat sehÂingga penjualan
wholesales-nya melonjak.
Menurut dia, sepanjang bulan lalu, SUV membukukan pertumbuhan tertinggi sebeÂsar 36 persen. Hal itu antara lain berkat New Rush yang mencatatkan angka penjualan
wholesales 5.027 unit dengan pertumbuhan sebesar 40,6 persen. Sedangkan, penjualan Fortuner mencapai 1.930 unit atau tumbuh 25,4 persen.
"Kebutuhan Toyota New Rush semakin positif. UnÂtuk menjaga pelanggan tidak menunggu terlalu lama, suÂplainya ke pasar ditingkatkan," ujarnya di Jakarta, kemarin.
Secara total, dalam tiga buÂlan ini,
wholesales Rush sudah mencapai angka 12.000 unit. Ini artinya suplai ke dealer rata-rata mencapai 4.000 unit per bulan. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan suplai dalam tiga tahun terakhir yang rata-rata hanya sekitar 1.600-2.200 unit per bulan.
Segmen yang mencatatkan pertumbuhan terbesar kedua pada bulan lalu adalah MPV, yaitu 10,2 persen. Pada Maret 2018, MPV Toyota membuÂkukan total
wholesales 19.511 unit. Avanza masih menjadi kontributor terbesar Toyota dengan
wholesales sebanyak 7.097 unit pada bulan lalu.
Berdasarkan data Gaikindo, pada Maret lalu secara nasional pasar low MPV membukukan total penjualan 24.420 unit. Secara volume, angka ini cuÂkup stagnan karena dalam tiga bulan pertama 2018 angkanya relatif sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu di kisaran 24.000 unit per bulan.
Toyota berupaya untuk meÂnyeimbangkan antara suplai dan permintaan. Permintaan terhadap Avanza ternyata tetap meningkat sehingga di Maret suplainya kembali ke level 7.000 unit.
Sementara itu, segmen
hatchback juga berkontribusi terhadap pertumbuhan penÂjualan Toyota pada bulan lalu.
Wholesales hatchback Toyota pada Maret lalu tercatat sebanÂyak 3.396 unit atau tumbuh 9 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. ***