Berita

Foto/Net

Otomotif

Penjualan Ekspor Toyota Naik 20%

Fortuner Penyumbang Terbesar
SENIN, 18 DESEMBER 2017 | 08:36 WIB | HARIAN RAKYAT MERDEKA

Toyota Indonesia mencatat sepanjang Januari-November berhasil ekspor 190.000 ken­daraan utuh (Completely Built Up/CBU). Jumlah tesebut naik 20 persen dibandingkan tahun lalu.

Wakil Presiden Toyota Mo­tor Manufacturing Indone­sia (TMMIN) Edward Otto Kanter mengatakan pening­katan ekspor itu melampaui target perusahaan sebesar 10 persen dari total ekspor tahun lalu. "Dari target 10 persen, rasa-rasanya malah mencapai 20 persen menjadi 190.000 unit untuk tahun ini dari seluruh model Toyota," kata Edward di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut dia, meskipun negara-negara Timur Tengah perekonomian sedang tu­run akibat anjloknya harga minyak, tetap menjadi pe­nyumbang ekspor Toyota. Ekspor Toyota juga meningkat di kawasan Asia Tenggara.

"Ekspor itu tergantung negara tujuan. Wilayah Timur Tengah memang ada penu­runan harga minyak, tapi di bagian lain di ASEAN menga­lami peningkatan," jelas dia.

Toyota Fortuner, menurut dia, menjadi primadona ekspor setelah produk unggulan lain seperti Toyota Kijang Innova, Yaris dan Sedan Vios. For­tuner menyumbang 35 persen atau mendekati 60.000 unit. Model terlaris berikutnya ada­lah Vios 14 persen dan Innova 5 persen.

Dia berharap, total ekspor Toyota pada tahun ini bisa mencapai 200 ribu unit. Angka itu jadi target psikologis se­bab menjadi yang terbesar sepanjang sejarah Toyota di Indonesia. "Itu memang angka psikologis, dari digit satu ke dua, itu cita-cita," katanya.

Salah satu faktor yang mem­bantu meningkatnya ekspor Toyota pada tahun ini adalah respons positif dari Vietnam dan Filipina. Edward mengatakan permintaan Fortuner meningkat di sana.

Toyota sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk mem­pertahankan pangsa pasar (market share) sebesar 35 persen pada tahun depan. Salah satunya adalah me­luncurkan beberapa produk baru.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, market share Toyota dalam 11 bulan tahun 2017 sesuai dengan target yaitu sebesar 35 persen. capaian itu akan ber­tahan hingga akhir tahun ini.

Pada tahun depan, Toyota akan meluncurkan produk terbaru. "Kami akan selalu mempelajari produk baru yang sesuai dengan konsumen di Indonesia," katanya.

Langkah kedua adalah pem­banguan dealer tahun depan akan dilakukan di kota-kota kecil. Hal ini untuk memper­luas jangkauan kepada calon konsumen Toyota. Sedangkan terakhir adalah memberikan layanan purna jual terbaik kepada konsumen. ***

Populer

Pendapatan Telkom Rp9 T dari "Telepon Tidur" Patut Dicurigai

Rabu, 24 April 2024 | 02:12

Polemik Jam Buka Toko Kelontong Madura di Bali

Sabtu, 27 April 2024 | 17:17

Pj Gubernur Ingin Sumedang Kembali jadi Paradijs van Java

Selasa, 23 April 2024 | 12:42

Bey Pastikan Kesiapan Pelaksanaan Haji Jawa Barat

Rabu, 01 Mei 2024 | 08:43

Jurus Anies dan Prabowo Mengunci Kelicikan Jokowi

Rabu, 24 April 2024 | 19:46

Kaki Kanan Aktor Senior Dorman Borisman Dikubur di Halaman Rumah

Kamis, 02 Mei 2024 | 13:53

Tim Hukum PDIP Minta Penetapan Prabowo-Gibran Ditunda

Selasa, 23 April 2024 | 19:52

UPDATE

Pengukuhan Petugas Haji

Sabtu, 04 Mei 2024 | 04:04

Chili Siap Jadi Mitra Ekonomi Strategis Indonesia di Amerika Selatan

Sabtu, 04 Mei 2024 | 04:02

Basri Baco: Sekolah Gratis Bisa Jadi Kado Indah Heru Budi

Sabtu, 04 Mei 2024 | 03:42

Pemprov DKI Tak Ingin Polusi Udara Buruk 2023 Terulang

Sabtu, 04 Mei 2024 | 03:24

Catat, Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan 9-10 Mei

Sabtu, 04 Mei 2024 | 03:22

BMKG Prediksi Juni Puncak Musim Kemarau di Jakarta

Sabtu, 04 Mei 2024 | 02:27

Patuhi Telegram Kabareskrim, Rio Reifan Tak akan Direhabilitasi

Sabtu, 04 Mei 2024 | 02:05

Airlangga dan Menteri Ekonomi Jepang Sepakat Jalankan 3 Proyek Prioritas Transisi Energi

Sabtu, 04 Mei 2024 | 02:00

Zaki Tolak Bocorkan soal Koalisi Pilkada Jakarta

Sabtu, 04 Mei 2024 | 01:35

Bertemu Wakil PM Belanda, Airlangga Bicara soal Kerja Sama Giant Sea Wall

Sabtu, 04 Mei 2024 | 01:22

Selengkapnya