Dimensy.id
R17

Qualcomm Rilis Snapdragon 8 Elite, Chipset Ngebut dengan Dukungan AI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 23 Oktober 2024, 12:19 WIB
Qualcomm Rilis Snapdragon 8 Elite, Chipset Ngebut dengan Dukungan AI
Snapdragon 8 Elite
rmol news logo Produsen chip Qualcomm akhirnya resmi mengumumkan chipset andalan terbaru mereka, Snapdragon 8 Elite.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu 23 Oktober 2024, Snapdragon 8 Elite akan menghadirkan CPU Oryon dengan struktur delapan inti khusus yang terdiri dari 2x inti utama yang memiliki clock 4,32 GHz dan 6x unit kinerja yang bekerja hingga 3,53 GHz. Itu dipasangkan dengan cache L2 24MB terdepan di industri dan dukungan untuk RAM LPDDR5X 5.300MHz.

Chip baru ini dibuat pada proses 3nm TSMC dan menjanjikan peningkatan 45 persen dalam kinerja CPU serta 44 persen peningkatan efisiensi daya dibandingkan pendahulunya.

Pada sisi grafis, Qualcomm memperkenalkan GPU Adreno terbarunya yang menghadirkan peningkatan kinerja dan penghematan daya sebesar 40 persen bersamaan dengan peningkatan kinerja ray-tracing.

Chip baru Qualcomm ini juga merupakan SoC seluler pertama yang menghadirkan dukungan untuk Unreal Engine 5.3 dan sistem geometri virtual Nanite.

Beralih ke sisi AI, unit pemrosesan neural (NPU) Hexagon yang baru memastikan tugas AI berjalan 45 persen lebih cepat dengan peningkatan kinerja per watt. 

Qualcomm sendiri sudah menghadirkan AI Engine dengan dukungan Gen AI multimodal. Model multimodal besar dan kecil dengan kemampuan menjalankan hingga 70 token pada SLM.

Snapdragon 8 Elite juga dilengkapi dengan pemrosesan sinyal gambar (ISP) yang disempurnakan yang terintegrasi lebih dalam dengan NPU Hexagon yang baru. Pengguna akan mendapatkan HDR yang lebih baik, warna kulit yang tampak lebih alami, warna langit, dan kinerja autofokus yang lebih baik. Qualcomm juga menambahkan segmentasi semantik foto dan video tingkat chip serta fungsionalitas penghapus objek video.

Pada sisi konektivitas, Snapdragon 8 Elite dilengkapi modem Snapdragon X80 5G - modem 5G pertama dengan agregasi operator downlink 6x dan perluasan jangkauan mmWave berbasis AI. Qualcomm mengklaim unduhan puncak mencapai 10 Gbps dan unggahan maksimum teoritis sebesar 3,5 Gbps.

Modem baru ini dipasangkan dengan Sistem Konektivitas Seluler FastConnect 7900 yang merupakan yang pertama menggabungkan Wi-Fi 7, Bluetooth 5.4, dan konektivitas Ultra Wideband dalam satu chip 6nm.

Snapdragon 8 Elite akan memperkuat jajaran ponsel pintar Android andalan mendatang dari Asus, Honor, iQOO, OnePlus, Oppo, Realme, Samsung, vivo, Xiaomi, dan lainnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA