Dimensy.id
R17

China Mulai Menguji Kecepatan Jaringan 6G Pertama di Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 12 Juli 2024, 15:30 WIB
China Mulai Menguji Kecepatan Jaringan 6G Pertama di Dunia
Ilustrasi/Net
rmol news logo China telah mulai mengembangkan jaringan uji lapangan 6G pertama di dunia yang mengintegrasikan komunikasi dan kecerdasan.

Terobosan yang dipimpin oleh Zhang Ping, seorang akademisi dari Akademi Teknik Tiongkok sekaligus profesor di Universitas Pos dan Telekomunikasi Beijing, menunjukkan bahwa komunikasi semantik dapat mencapai kemampuan transmisi 6G pada infrastruktur 4G yang ada.

"Jaringan ini juga telah memvalidasi kelayakan tautan 4G dan 5G yang memiliki kemampuan transmisi 6G, dengan peningkatan signifikan dalam kapasitas, jangkauan, dan efisiensi," kata tim tersebut, seperti dikutip dari Ecns, Jumat (11/7).

Jaringan tersebut berfungsi sebagai platform yang memfasilitasi upaya lembaga penelitian dalam melakukan penelitian teoritis dan verifikasi awal teknologi penting 6G. Menurut tim tersebut, hal itu dapat secara efektif menurunkan ambang batas masuk untuk penelitian 6G, sehingga lebih mudah diakses untuk inovasi.

China berupaya mengomersialkan 6G, teknologi nirkabel penerus 5G, sekitar tahun 2030, sementara standar 6G diharapkan akan ditetapkan pada tahun 2025. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA