Dimensy.id
R17

Ilmuwan Jepang Ciptakan Robot Sopir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 17 Juni 2024, 10:18 WIB
Ilmuwan Jepang Ciptakan Robot Sopir
Robot di Jepang/Net
rmol news logo Tim ahli robot di Universitas Tokyo, Jepang, mulai menguji coba sebuah robot sopir canggih yang mampu mengendarai dan mengendalikan mobil.

Dikutip dari Tech Xplore, Senin (17/6), robot yang diberi nama Musashi tersebut dirancang untuk beroperasi dengan cara yang hampir sama seperti pengemudi mobil manusia.

Untuk mencapai tujuan tersebut, para peneliti menciptakan apa yang mereka gambarkan sebagai "humanoid muskuloskeletal", yaitu sebuah robot dengan dua lengan dan dua kaki, dengan kaki dan tangan, batang tubuh, leher dan kepala.

Mereka juga memberinya mata yang bisa digerakkan, masing-masing dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi. Lengan yang bersendi memiliki tangan dengan lima jari, dan kaki memiliki cengkraman untuk memastikan kontrol pedal gas dan rem yang tepat.

Humanoid tersebut juga dilengkapi komputer dengan software untuk pelatihan dan berfungsi sebagai otak robot saat berkendara.

Para peneliti menggunakan sebuah mobil listrik kecil untuk diuji. Selain sekadar berkeliling, robot tersebut diuji kemampuannya dalam mengenali dan merespons objek yang dilewatinya, termasuk manusia.

Tim melaporkan bahwa pengujian awal cukup menggembirakan, meskipun mereka mengakui bahwa Musashi masih jauh dari kesiapan untuk berkendara di jalan umum. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA