Dimensy.id
R17

Suar Matahari Meningkat, Sistem Komunikasi China Berpotensi Eror

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 07 Mei 2024, 16:18 WIB
Suar Matahari Meningkat, Sistem Komunikasi China Berpotensi Eror
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sistem komunikasi di China diperkirakan akan terganggu akibat serangkaian suar matahari atau suar surya  yang diperkirakan terjadi. Begitu menurut peringatan terbaru yang dikeluarkan Pusat Meteorologi Satelit Nasional (NSMC) Tiongkok.

Peringatan NSMC muncul setelah suar matahari kelas X, klasifikasi terkuat, terjadi pada Minggu sore (5/5) waktu China.

Menurut NSMC, suar surya susulan diperkirakan terjadi antara tanggal 6 dan 8 Mei. Suar surya ini diperkirakan termasuk dalam kategori kelas X atau kelas M, yang merupakan kategori tertinggi kedua.

Dikutip dari CGTN, Selasa (7/5), suar surya adalah semburan energi dahsyat yang berasal dari matahari. Sumber lain menyebutnya sebagai letusan dari permukaan matahari yang mengeluarkan semburan radiasi elektromagnetik yang intens. Mereka tercipta ketika energi magnet menumpuk di atmosfer matahari dan dilepaskan.

Suar surya dikategorikan berdasarkan ukurannya ke dalam kelompok berhuruf, dengan kelas X sebagai yang paling kuat. Mereka menimbulkan ancaman bagi satelit, astronot, dan komunikasi radio, sekaligus menghasilkan aurora yang spektakuler.

NSMC menyarankan pengguna komunikasi radio untuk mengurangi potensi gangguan dengan mengganti frekuensi atau menggunakan metode komunikasi alternatif. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA