Dimensy.id
R17

Tingkatkan Observasi Meteorologi, India Sukses Luncurkan Satelit Cuaca INSAT-3DS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 19 Februari 2024, 15:23 WIB
Tingkatkan Observasi Meteorologi, India Sukses Luncurkan Satelit Cuaca INSAT-3DS
Misi INSAT-3DS ISRO diluncurkan di Stasiun Luar Angkasa Satish Dhawan di Sriharikota, India pada 17 Februari 2024/Net.
rmol news logo Satelit cuaca baru INSAT-3DS milik Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) telah berhasil meluncur ke orbit.

Satelit meteorologi, yang dibawa oleh roket Geosynchronous Launch Vehicle (GSLV-F14), lepas landas dari Sriharikota di negara bagian Andhra Pradesh di India selatan pada Sabtu sore sekitar pukul 17:35 waktu setempat.

“Kendaraan tersebut berhasil menempatkan satelit ke orbit transfer geosinkron yang diinginkan,” kata ISRO dalam pernyataan singkat yang diposting di media sosial, seperti dikutip dari CGTN, Minggu (18/2).

Menurut ISRO, satelit ini dirancang untuk meningkatkan observasi meteorologi, dan pemantauan permukaan daratan dan lautan untuk prakiraan cuaca dan peringatan bencana.

“Satelit ini akan menambah layanan meteorologi bersama dengan satelit INSAT-3D dan INSAT-3DR yang saat ini beroperasi,” kata ISRO.

Gambar televisi menunjukkan roket GSLV-F14 sepanjang 51,7 meter yang meluncur dari landasan peluncuran meninggalkan asap tebal dan kemudian mengeluarkan api oranye terang dari ekornya dan bergerak ke atas di langit.

Satelit berbobot 2.274 kg ini akan melayani berbagai departemen di bawah kementerian federal ilmu bumi termasuk Departemen Meteorologi India. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA