Dimensy.id
R17

Raksasa Pembuat Chip Dunia Pamer Teknologi AI di CES 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 11 Januari 2024, 10:37 WIB
Raksasa Pembuat Chip Dunia Pamer Teknologi AI di CES 2024
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pameran dagang teknologi CES 2024 menjadi ajang unjuk kekuatan para raksasa pembuat chip dunia untuk memperkenalkan teknologi kecerdasan terbaru buatan mereka.

Perusahaan AS Nvidia, yang telah mendominasi pasar chip AI sejak tahun lalu, meluncurkan tiga unit pemrosesan grafis (GPU) baru pada Senin (8/1) di acara virtual sebelum CES resmi dimulai.

Nvidia mengatakan tiga GPU barunya – RTX 4060 Super, RTX 4070 Ti Super, dan RTX 4080 Super – akan digunakan untuk memberi daya pada laptop yang mendukung AI. Beberapa produsen komputer, termasuk Acer, Dell, HP, Lenovo dan Samsung, meluncurkan model baru yang dilengkapi chip terbaru Nvidia di acara tersebut.

“Ke depannya, pengalaman AI akan dihadirkan dengan gabungan komputasi cloud dan PC,” kata Wakil Presiden Senior Nvidia Jeff Fisher, seperti dikutip dari Nikkei, Kamis (11/1).

Permintaan chip AI kelas atas dari perusahaan ini meningkat sejak peluncuran ChatGPT seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang mulai melatih dan menerapkan AI generatif, yang bergantung pada pusat data dan layanan cloud untuk menjalankan model bahasa berukuran besar.

Chip AI terbaik Nvidia – A100 dan H100 serta versi Chinanya A800 dan H800 – telah dilarang untuk diekspor ke China oleh pemerintah AS tanpa izin.  

Bahkan RTX 4090, GPU yang sebagian besar digunakan pada komputer gaming, juga termasuk dalam pembatasan ekspor semikonduktor terbaru yang dilakukan Washington pada bulan Oktober 2023.

Namun, perusahaan memastikan bahwa tiga GPU baru yang diumumkan di CES tidak akan tunduk pada pembatasan ekspor AS. Situs web Nvidia di China mengatakan chip baru tersebut akan tersedia untuk dipesan pada akhir Januari.

Nvidia muncul sebagai pemenang awal dalam chip AI berkat versi servernya yang mendukung pusat data yang menjalankan model bahasa besar. Namun pembuat chip lain berusaha mengejar ketertinggalannya. Salah satu caranya adalah dengan mengalihkan fokus dari layanan cloud ke komputasi lokal.

Sementara itu, sesama perusahaan AS, Intel dan AMD, yang belum sepenuhnya memanfaatkan boomingnya teknologi AI, bertaruh pada konsep AI PC, komputer pribadi yang dilengkapi dengan chip AI yang dapat menjalankan model AI secara lokal tanpa bergantung pada cloud.

Kedua pabrikan mengumumkan serangkaian prosesor baru yang didedikasikan untuk komputer pribadi AI di CES 2024.

Dibandingkan dengan chip pada PC standar, chip yang dirancang untuk PC AI memiliki neural processing unit (NPU) khusus untuk menangani tugas terkait AI tanpa memerlukan layanan cloud.

Berkat NPU tambahan tersebut, komputer pribadi AI diyakini akan menawarkan privasi data yang lebih baik, masa pakai baterai lebih lama, dan lebih banyak aplikasi AI dibandingkan PC biasa, kata produsen.

Namun mungkin diperlukan waktu bagi konsumen untuk mengadopsi komputer pribadi AI, karena beberapa generasi pertama tidak akan jauh berbeda dari PC tradisional sampai lebih banyak aplikasi asli AI dikembangkan, kata eksekutif Intel dan AMD kepada Nikkei Asia di acara Las Vegas.

Meskipun demikian, hal ini tidak menghentikan Intel dan AMD untuk menggunakan CES untuk mempromosikan penawaran mereka, dengan CEO Intel Pat Gelsinger muncul untuk menaungi persaingan.

“Kami adalah penggeraknya. Kami senang jika orang-orang meniru kami,” kata Gelsinger saat pidato utama CES pada Selasa.

Tidak demikian, bantah Don Woligroski, manajer pemasaran produk senior untuk konsumen klien di AMD, yang mencatat bahwa AMD telah mengirimkan chip AI PC jauh sebelum Intel.

Tidak demikian, bantah Don Woligroski, manajer pemasaran produk senior untuk konsumen klien di AMD, yang mencatat bahwa AMD telah mengirimkan chip AI PC jauh sebelum Intel.

Namun Woligroski menekankan bahwa argumen seperti itu bukanlah inti permasalahannya.  

“Sekarang ini bukan perlombaan antar pembuat chip, ini adalah upaya kolektif untuk melakukan transisi industri ke PC AI,” katanya kepada Nikkei di sebuah acara media pada Selasa.

Selain untuk PC, Intel juga memperkenalkan chip AI untuk mobil pada pameran Selasa.  

Zeeker, merek kendaraan listrik di bawah naungan raksasa otomotif Tiongkok Geely, akan menjadi produsen mobil pertama yang mengadopsi chip tersebut.rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA