Dimensy.id
R17

Dibantu China, Apple akan Pindahkan Sumber Daya Teknis Utama iPad ke Vietnam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 09 Desember 2023, 08:25 WIB
Dibantu China, Apple akan Pindahkan Sumber Daya Teknis Utama iPad ke Vietnam
Apple/Net
rmol news logo Untuk pertama kalinya, perusahaan Apple akan mengalokasikan sumber daya pengembangan produk untuk iPad ke Vietnam, sebuah langkah besar menuju penguatan posisi negara Asia Tenggara tersebut sebagai pusat manufaktur alternatif di luar China.

Menurut sumber, untuk memindahkan sumber daya pengenalan produk baru (NPI) ke Vietnam, Apple bekerja sama dengan BYD China, perusahaan perakit utama iPad.

NPI melibatkan perusahaan teknologi seperti Apple yang berkolaborasi dengan pemasok dalam desain dan pengembangan produk baru untuk memastikan cetak biru tersebut dapat dilaksanakan.  

Ini adalah pertama kalinya Apple mengalihkan sumber daya NPI ke Vietnam untuk perangkat inti tersebut.

"Verifikasi teknik untuk uji produksi model iPad akan dimulai sekitar pertengahan Februari tahun depan," kata sumber kepada Nikkei Asia, Jumat (8/12).

Dikatakan model ini akan tersedia pada paruh kedua tahun 2024.

Menurut laporan Nikkei, BYD juga merupakan pemasok Apple pertama yang membantu raksasa teknologi AS tersebut memindahkan perakitan iPad untuk pertama kalinya ke Vietnam pada tahun 2022.

Peralihan sumber daya teknik NPI ini difokuskan pada model entry-level dan bukan seri iPad Pro premium.

NPI memerlukan sumber daya yang besar baik dari perusahaan teknologi maupun pemasoknya, seperti insinyur dan investasi pada peralatan laboratorium untuk menguji fitur dan fungsi baru.

Sebagian besar NPI Apple dilakukan di China, bekerja sama dengan para insinyur di Cupertino, untuk memanfaatkan pengalaman negara tersebut selama puluhan tahun dalam manufaktur perangkat keras. Namun, ketidakpastian geopolitik memaksa perusahaan untuk memikirkan kembali pendekatan ini.  

Laporan sebelumnya mengatakan bahwa Apple juga berencana mengirimkan beberapa proses NPI untuk iPhone ke India.

Apple merupakan pembuat tablet terbesar di dunia, dengan pangsa pasar sebesar 36,6 persen pada tiga kuartal pertama tahun 2023, menurut data IDC.

Menurut Counterpoint Research, hanya sekitar 10 persen dari seluruh iPad yang dibuat di Vietnam pada tahun ini.

Vietnam telah menjadi pusat manufaktur teknologi terpenting bagi Apple di luar China. Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino ini telah meminta pemasok untuk menambah kapasitas baru untuk hampir semua produknya kecuali iPhone – mulai dari AirPods dan MacBook hingga Apple Watch dan iPad – di negara Asia Tenggara tersebut .

Para eksekutif dan pakar industri mengatakan, dengan memiliki sumber daya NPI di luar negeri, berarti hubungan non-Tiongkok akan menjadi basis manufaktur alternatif yang sebenarnya.

“Vietnam secara konsisten memainkan peran penting dan strategis di bidang manufaktur, bertindak sebagai pusat manufaktur dan berpotensi menjadi salah satu pusat manufaktur global berikutnya,” kata Ivan Lam, analis teknologi di Counterpoint Research.  

“Pemetaan rantai pasokan Apple baru-baru ini menunjukkan kemampuan lokasi produksinya di Vietnam untuk memproduksi iPad dan meningkatkan produksinya," ujarnya.

Bryan Ma, wakil presiden penelitian perangkat klien IDC, mengatakan Vietnam adalah salah satu penerima manfaat dari upaya diversifikasi industri perangkat, termasuk tidak hanya tablet tetapi juga komputer pribadi, yang bahkan lebih rumit untuk diproduksi.

Vincent Chen, presiden CTBC Securities Investment Service dan analis teknologi veteran, mengatakan, setelah perubahan selama bertahun-tahun ini, ia menemukan bahwa India dan Vietnam merupakan dua ekosistem manufaktur yang sangat penting.
 
“Tetapi jelas juga bahwa meskipun ada ketegangan antara AS dan China, Apple akan tetap bekerja sama dengan pemasok China dalam peralihan rantai pasokannya," ujarnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA