Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmi WNI, Calvin Verdonk Perkuat Indonesia Lawan Filipina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/achmad-rizal-1'>ACHMAD RIZAL</a>
LAPORAN: ACHMAD RIZAL
  • Kamis, 06 Juni 2024, 08:34 WIB
Resmi WNI, Calvin Verdonk Perkuat Indonesia Lawan Filipina
Calvin Verdonk/RMOLJatim
rmol news logo Calvin Verdonk resmi sebagai warga negara Indonesia (WNI). Pemain spesialis belakang itu dipastikan siap tampil di Putaran Kedua Zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina, 11 Juni mendatang.

Kepastian itu diperoleh setelah proses peralihan asosiasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI, dan mendapat persetujuan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA).

Dikutip dari Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (6/5), PSSI pun langsung mengirim surat persetujuan dari FIFA itu ke Federasi Sepakbola Asia (AFC), Rabu (5/6).

Dengan pengesahan FIFA dan AFC, legalitas pemain kelahiran 26 April 1997 untuk merumput bersama Timnas kuat secara hukum. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pun memberikan apresiasi kepada FIFA.

"Banyak pihak membantu Calvin Verdonk bisa memperkuat sepakbola Indonesia, terutama menghadapi pertandingan penting bagi langkah Indonesia menuju Piala Dunia 2026. Saya apresiasi persetujuan FIFA, yang secara langsung ikut mendukung kemajuan sepakbola kita. Meski keputusan pemain yang akan bermain ada di tangan pelatih, tapi saya pastikan Verdonk siap bertanding saat melawan Filipina," kata Erick Thohir.

Menurut Erick, Verdonk tak hanya menambah kekuatan lini belakang Timnas. Tetapi juga membuat persaingan sehat terjadi bagi para pemain yang ingin membela Garuda.

Saat ini ada 12 pemain di posisi defender. Mulai dari Jay Idzes, Jordi Amat, Rizky Ridho, Elkan Baggot, Justin Hubner, Muhammad Ferarri, Calvin Verdonk, Shayne Pattynama, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan, Sandy Walsh, dan Asnawi Mangkualam.

"Target saya, kita punya 2x11 pemain untuk Timnas, dengan kekuatan merata dan seimbang. Intinya pemain yang sekarang berkostum Garuda harus serius dan fokus demi mendapat kesempatan membela Indonesia. Timnas hanya untuk pemain yang punya tekad kuat dan mati-matian demi Merah Putih," demikian Erick.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA