Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tundukkan Vietnam 1-0, Indonesia Sukses Raih Kemenangan Perdana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 21 Maret 2024, 23:53 WIB
Tundukkan Vietnam 1-0, Indonesia Sukses Raih Kemenangan Perdana
Skuad Indonesia merayakan gol yang dicetak Egy Maulan Vikri ke gawang Vietnam saat kedua tim bertanding di SUGBK, Kamis malam (21/3)/Net
rmol news logo Timnas Indonesia kembali membuktikan sulit untuk ditundukkan lawan ketika bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Termasuk ketika menjamu Vietnam di laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F, Kamis malam (21/3).

Adalah Egy Maulana Vikri yang memastikan kemenangan perdana Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 ini. Gol semata wayangnya ke gawang Vietnam membuat publik SUGBK Jakarta, bergemuruh.

Meski demikian, memang tidak mudah bagi Indonesia untuk bisa mengalahkan Vietna. Dua debutan, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, yang diturunkan sejak menit pertama belum bisa menyatu dengan skuad Garuda. Alhasil permainan Indonesia seperti sulit berkembang.

Hampir separuh babak pertama dilalui Tim Garuda dengan berjibaku menghadapi tekanan luar biasa dari Vietnam. Bahkan tim berjulik The Golden Stars itu sempat mendapat peluang apik ketika salah satu penyerangnya bebas dari kawalan. Beruntung, bek asal SC Heerenveen, Nathan, melakukan tugasnya dengan baik dengan melakukan tackle bersih.

Babak pertama pun diakhiri dengan skor kacamata 0-0.

Pada babak kedua, pelatih Shin Tae-yong (STY) langsung melakukan tiga pergantian dengan memasukkan Pratama Arhan, Sandy Walsh, dan Egy Maulana Vikry untuk menggantikan Yakob Sayuri, Nathan Tjoe-A-On, dan Hokky Caraka.

Hasilnya pun segera terlihat di lapangan. Skuad Merah Putih mulai mengambil inisiatif permainan sejak awal hingga menciptakan peluang pertama melalui first time Ivar Jenner menit ke-49.

Dan 3 menit berselang, melalui lemparan ke dalam Arhan, Egy suskes menyontek bola dengan mudah memanfaatkan kesalahan antisipasi bek Vo Minh Trong. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Kondisi ini membuat Indonesia lebih percaya diri untuk melakukan tekanan ke pertahanan Vietnam. Salah satunya ketika Jay Idzes yang membantu serangan mendapatkan peluang gol usai menerima umpan silang Ivar Jenner. Namun, sepakan bek Venezia itu masih lemah.

Marselino Ferdinan juga ikut membahayakan gawang Vietnam pada menit ke-69. Tendangan pemain yang masih merumput di Liga Belgia itu masih bisa diamankan Filip Nguyen.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada lagi gol yang tercipta. Indonesia akhirnya meraih 3 poin perdana untuk naik ke posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan koleksi 4 poin, selisih 2 poin dari Irak di posisi puncak.

Indonesia selanjutkan akan kembali menghadapi Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3) pukul 19.30 WIB.

Indonesia 1-0 Vietnam
(Egy Maulana 52')

Indonesia: Muhammad Adi Satryo, Jay Idzes, Rizky Ridho (Ricky Kambuaya 79'), Justin Hubner, Yakob Sayuri (Sandy Walsh 46'), Nathan Tjoe-A-On (Egy Maulana Vikry 46'), Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick (Ramadhan Sananta 86'), Hokky Caraka (Pratama Arhan 46')
Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam: Nguyen Filip, Vo Minh Trong (Ho Tan Tai 73'), Bui Tien Dung (Nguyen Van Toan 82'), Pham Xuan Manh, Do Hung Dung (Le Thanh Phong 73'), Nham Manh Dung (Nguyen Tien Linh 61'), Phan Tuan Tai, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Dinh Bac (Vu Van Thanh 61'), Nguyen Thai Son, Bui Hoang Viet Anh
Pelatih: Philippe Troussier. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA