Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Langkah Pertama Timnas Indonesia Berakhir Buruk di Basra

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 16 November 2023, 23:59 WIB
Langkah Pertama Timnas Indonesia Berakhir Buruk di Basra
Timnas Indonesia dipaksa menelan pil pahit saat kalah telak 1-5 dari Irak, Kamis (16/11)/PSSI
rmol news logo Hasil buruk dituai Timnas Indonesia saat mengawali langkah mereka di Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuad Garuda ditundukkan Timnas Irak dengan skor telak 1-5.

Pada pertandingan pertama Grup F yang berlangsung di Basra Sport City Stadium, Kamis malam (16/11), awalnya kedua tim terkesan cari aman. Namun semuanya berubah ketika Irak unggul dua gol lewat Bashar Rasan Boyan dan gol bunuh diri Jordi Amat.

Indonesia justru belum bisa mengancam gawang Irak hingga laga berjalan 30 menit. Serangan skuad asuhan Shin tae-yong itu kerap kandas sebelum memasuki sepertiga akhir lapangan.

Duet Dimas Drajad dan Dendi Sulistyawan di lini depan tidak maksimal karena kurangnya sokongan dari lapangan tengah. Hal ini membuat Dimas Drajad akhirnya ditarik keluar pada menit ke-39 dan digantikan Rafael Struick.

Kehadiran Struick memang memberikan tenaga baru untuk lini serang Indonesia. Melalui Struick, Garuda mampi memperkecil jarak pada menit kedua tambahan waktu babak pertama.

Memasuki babak kedua, lini tengah masih tetap dikuasai tuan rumah. Membuat tim tamu tetap kesulitan merancang serangan berbahaya.

Tak heran, Irak berhasil memperbesar skor jadi 3-1 pada menit ke-60 melalui tendangan keras Osama Rashid dari luar kotak penalti.

Di sisa waktu laga, Indonesia justru makin tertekan. Bahkan tidak bisa melebihi garis tengah lapangan dan dipaksa bertahan oleh Irak.

Irak pun kembali mencetak gol pada menit ke-81. Umpan silang Ali Jasim ke depan gawang Nadeo disambut dengan tendangan first time kaki kiri Youssef Amyn dari jarak dekat.

Ali Jasim menutup pesta gol Irak ke gawang Indonesia pada menit ke-89. Mendapat umpan terobosan Ali sempat mengecoh Nadeo untuk mendorong bola ke dalam gawang.

Akibat kekalahan ini, Indonesia pasrah di posisi jurukunci dengan nol poin, kalah selisih gol dari Filipina di posisi ketiga. Sementara Irak berada di puncak dengan 3 poin, disusul Vietnam dengan poin sama di peringkat kedua.

Laga selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Filipina di Rizal Memorial Stadium, Selasa pekan depan (21/11).

Susunan pemain:

Irak: Jalal Hassan; Merchas Doski, Ali Adnan, Rebin Sulaka, Hussein Ali; Osama Rashid (Ahmad Alee 67'), Amir Al-Ammari; Bashar Resan (Youssef Amyn 68'), Ali Jasim, Ibrahim Bayish; Aymen Hussein.

Indonesia: Nadeo Argawinata, Shayne Pattinama, Elkan Baggot, Jordi Amat, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Adam Alis (Arkhan Fikri 46'), Ricky Kambuaya (Saddil Ramdani 46'), Marc Klok (Witan Sulaiman 76'), Dimas Drajad (Rafael Struick 39'), Dendy Sulistyawan (Pratama Arhan 76'). rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA