Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Asisten Pelatih Timnas U-16 Berbagi Tips Sukses saat Sosialisasi Liga RMOL

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Selasa, 23 Agustus 2022, 07:57 WIB
Asisten Pelatih Timnas U-16 Berbagi Tips Sukses saat Sosialisasi Liga RMOL
Asisten Pelatih Timnas U-16, Firmansyah saat sosialisasi Liga RMOL/RMOL
rmol news logo Kedisiplinan merupakan kunci dari kesuksesan untuk menjadi pelatih sepakbola usia muda, U-13 hingga U-16 tahun. Kedisiplinan ini harus diterapkan bukan hanya saat latihan, tapi juga saat kompetisi berjalan.
HUT 79 RI

Begitu jelas Asisten Pelatih Timnas U-16, Firmansyah membagikan tips keberhasilan Timnas U-16 menjuarai Piala AFF U-16 awal bulan ini. Menurutnya, dengan disiplin tinggi, para pemain akan terbiasa dan semakin kompak dalam bermain.

"Dimulai dari pelatih, disiplin dan attitude. Telat dikit kita denda. Paling penting disiplin, bekerja keras, attitude, respek," ujarnya saat hadir dalam Sosialisasi Liga RMOL di Hotel Dafam, Jakarta Pusat, Senin (22/8).

Dari sifat-sifat di atas, Firmansyah menyebut para pemain akan cepat beradaptasi dan meniru para pelatihnya.

Selain kedisiplinan, mantan bek Timnas Indonesia era 2000-an ini juga menekankan aspek respek atau peduli baik kepada tim sendiri, rekan, maupun lawan. Sebab, sepak bola olahraga sendiri sejatinya menjunjung tinggi sportivitas.

Lanjut Firmansyah, hal-hal tersebut juga didapat saat ia masih menjadi pemain dan dilatih oleh pelatih asal luar Indonesia.

"Dulu pas jadi pemain (Timnas) pelatih asing juga disiplin. Dan sekarang ini yang kita berikan kepada mereka (pemain)," kata Firmansyah.

Timnas Indonesia U-16 berhasil menjuarai turnamen Piala AFF U16 usai menaklukan Vietnam dengan skor 1-0 dalam partai final yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 12 Agustus lalu.

Pertandingan berjalan sengit sejak awal dengan jual beli serangan. Namun, di akhir babak pertama, gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. 

Kafiatur Rizk melepaskan sepakan kaki kiri, dan mengirim bola masuk ke gawang Vietnam. Indonesia unggul 1-0 sebelum jeda. Skor tersebut tidak berubah hingga akhir pertandingan, Indonesia pun menang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA