Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

10 Topeng Monyet Dirazia Sejak Selasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 23 Oktober 2013, 12:49 WIB
10 Topeng Monyet Dirazia Sejak Selasa
BASUKI T PURNAMA/NET
rmol news logo Sedikitnya 10 ekor monyet yang telah ditertibkan dari jalanan Jakarta sejak Selasa (22/10) kemarin. Penertiban dilakukan di sudut-sudut ibukota yang dikenal kerap dijadikan lokasi eksploitasi hewan primata itu oleh sang pawang.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama kepada wartawan di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (23/10).

Basuki pun mengimbau agar pawang topeng monyet tidak perlu merasa khawatir atas kelanjutan nasib mereka. Pemprov siap menanggung biaya hidup sementara para pawang yang monyet miliknya diambil petugas.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Kian Kelana menjelaskan, pawang monyet yang telah diamankan tidak masuk kategori penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Meski begitu, mereka akan diarahkan untuk mengikuti pembinaan keterampilan di panti sosial.  

"Atau selama ini para pawang topeng monyet dipulangkan ke kampung halamannya," imbuh Kian.

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan Dinas Kelautan dan Peternakan (DKP) DKI, Sri Hartati mengatakan bahwa monyet yang telah ditangkapi selanjutnya akan diperiksa dan diberi vaksin. Monyet-monyet tersebut untuk sementara waktu akan dikarantina sebelum dilepas di Ragunan.

"Kami sudah menyiapkan kandang-kandang untuk menampung monyet tersebut. Nanti monyetnya kita tangani bersama komunitas penyayang binatang, kita juga punya dokter hewan,” kata Sri.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA