Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hasyim Djojohadikusumo Klaim Ragunan di Tangannya Alami Kemajuan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 08 Oktober 2013, 16:19 WIB
rmol news logo Ketua Dewan Pengawas Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Hasyim Djojohadikusumo klaim bahwa sejak Pemprov DKI mengangkatnya sebagai dewan pengawas kebun binatang ini telah mengalami banyak kemajuan. Kendati saat ini masih banyak kekurangan, Hasyim meminta agar masyarakat dapat menilai perubahan yang dialami Ragunan sekarang secara objektif.

"Ada beberapa masalah, tapi saya kira waktu saya datang ke sini tidak seburuk sejelek itu lah, sudah mendingan," ujar Hasyim di Ragunan, Selasa (8/10).

Salah satu yang dicontohkan oleh Hasyim adalah meningkatnya mutu air telaga seluas 6,8 hektar yang umumnya dikonsumsi oleh hewan di Ragunan. Menurutnya selama ini air tersebut sudah tercemar dan minus oksigen namun masih dikonsumsi oleh hewan-hewan disana.

"Mutu air di telaga yang luasnya 6.8 hektar. Terus air yang dipakai harimau dan beruang madu itu berasal dari kali sungai yang sudah jelek tercemar dan tidak ada oksigen bersih jelas sudah tidak memadai. Harus kita peraiki, itu program yang harus kita kerjakan dan benahi," ujarnya.

Terkait dana suntikan Rp 400 miliar hingga Rp 500 miliar yang dijanjikan oleh Pemprov DKI, Hasyim tidak mau berkomentar panjang. Menurutnya, dibutuhkan kajian yang lebih jauh apakah anggaran tersebut terlalu banyak atau bahkan terlalu sedikit.

"Kita harus minta hati-hati untuk bagaimana cara terbaik untuk menjernihkan air bagaimana. Kalau kami merasakan terlalu besar. Terlalu banyak kalau memang belum siap yah tahun berikutnya," ujar adik Prabowo Subianto ini.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA