Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Belitung Timur, Rumah Ahok Disulap Jadi Losmen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 15 September 2013, 16:57 WIB
Di Belitung Timur, Rumah Ahok Disulap Jadi Losmen
FOTO:RMOL
rmol news logo Rumah tinggal Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang terletak di Desa Gantong, Belitung Timur, rupanya tak hanya digunakan sebagai rumah tinggal. Kediaman ini juga disulap menjadi losmen 12 kamar yang memiliki fasilitas lengkap. Rumah bergaya modern dengan dua lantai ini didesain mirip seperti rumah yang ada di kawasan Pasir Putih, Ancol.

"Rumah ini unik karena bapak saya mencontoh dari Ancol, pasir putih. Bapak saya yang mencontoh ke kontraktornya minta gambarnya difoto copy dibawa kesini. Tapi sama bapak saya hanya dibangun hanya satu lantai. Kan lucu jadinya rumah dua lantai dibangun dua lantai," tutur Ahok, sapaan akrab wagub di losmen pribadinya di Gantong, Minggu (15/9).

Alasan utama Ahok menjadikan rumah tinggal keluarga sebagai losmen karena dulunya tidak ada penginapan di daerah sekitar itu. Seringkali investor atau tamu dari luar kota datang ke pabriknya. Namun sayang, mereka harus segera pergi karena tak ada tempat penginapan. Dari situlah, ayah Ahok ketika masih hidup lantas membangun garasi super luas di rumahnya. Alhasil, rumah yang kini ditempati adiknya, Basuki Tjahaja Purnama, juga telah berubah fungsi menjadi tempat penginapan bagi para tamu dari luar kota.

"Ini dulu garasi. Saya nanya, kenapa luas banget. Terus bapak saya bilang ga apa-apa, kalau bapak saya sudah enggak ada saya bisa bikin losmen losmen. Terus saya bikin karena jarang ada penginapan dan jarang ada hotel. Dulu sering ada tamu ngeliat pabrik bingung mau nginep dimana. Jadi saya bikin," jelas Ahok.

Walau hanya sedikit kamar, losmen ini memiliki fasilitas cukup lengkap bak hotel seperti televisi, kulkas ukuran mini, kasur springbed, AC, hingga bath-up. Bahkan untuk memanjakan tamu, Ahok menggunakan toilet duduk.

"Saya bilang pake toiletnya flush sama waterjet. Masak turis disuruh siram-siram (sambil meragain nyiram)," cetusnya.

Yang menarik lagi, gelas yang disediakan untuk tamu losmen. Gelas berwarna kuning dengan lambang lembga DPR itu ternyata sengaja dipesan khusus oleh Ahok.

Selain tempat menginap tamu yang berkunjung ke pabrik, losmen tersebut rupanya juga pernah dipergunakan rapat oleh Ahok ketika menjabat sebagai ketua Partai Indonesia Baru (PIB). Pedangdut ternama, Inul Daratista pun pernah menginap di kediaman Ahok.

"Inul tidur di kamar saya sama suaminya, saya pindah ke kamar ibu," jelasnya sembari tertawa.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA