Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jegal Anies Buat Ambil Jawa Barat

OLEH: ALEX WIBISONO*

Minggu, 23 Juni 2024, 17:22 WIB
Jegal Anies Buat Ambil Jawa Barat
Anies Baswedan/Ist
DARI dulu Anies Baswedan dijegal. Sekarang, Anies mau dijegal lagi ketika maju ke Pilgub Jakarta.

Kenapa Anies dijegal? Dua alasan aja. Pertama, Anies paling besar peluangnya menang. Kedua, Anies kagak bisa diajak kompromi. Itu aja alasannya. Coba kalau Anies bisa diajak kompromi, aman dah.

Sama relawan dan pendukungnya saja, kagak mudah Anies diajak kompromi. Apalagi sama yang lain. Ini dia uniknya Anies. Iya, unik.

Kalau minta PKS gabung, lalu tawari jadi cawagub itu masih normal. Lebih normal lagi kalua tawari PKS jadi cagub. PKS pemenang di Jakarta, ya cagub lah. Tapi, ada kata-kata "kalau mau gagalkan Anies ya ambil PKS".

Info ini menyebar luas ke publik. Entah dari mana sumbernya tuh. Pakai embel-embel "gantiin uang kampanye". Weleh...weleh....

Kalau elektabilitas Anies tinggi, kenapa kagak dukung aja Anies. Usung aja Anies. Ramai-ramai calonkan aja Anies. Apa masalahnye? Ada masalah agama? Masalah ideologi? Atau masalah masa lalu? Ah, segitunya main politik. Hitam putih banget. Kaku bro. Kaku banget!

Belajar dari Pak Prabowo bro. Kagak pernah kaku. Lupakan masa lalu, tatap masa depan. Itu baru politisi. Fleksibel bro.

Kang Ridwan Kamil alias Emil yang sudah nyaman di Jawa Barat, dipaksa-paksa ke Jakarta buat melawan Anies. Kasihan tuh Kang Emil. Kasihan juga tuh Golkar, sampai kasih dua rekomendasi. Aneh kan? Satu orang dapat dua rekomendasi. Jawa Barat dan Jakarta. Itu tandanya masih bingung.

Bisa rugi dua kali tuh Golkar. Jawa Barat ditinggalin, Jakarta kagak dapet. Inilah akibat politik pakai bingung segala.

Ada partai lain, kagak diminta, sodorkan rekomendasi ke Emil. Ape maksudnya coba? Daftar kagak, minta kagak, butuh kagak, eh dikasih rekomendasi. Sementara orang lain, malah kader lagi, minta rekomendasi kagak dikasih. Kasihan amat.

Sebenarnya sih, yang jadi rebutan itu Jawa Barat. Gede pemilihnya bro. Lebih dari 35 juta. Itu yang mau direbut. Modusnya ya dorong-dorong Emil ke Jakarta. Supaya Emil keluar dari Jawa Barat. Itu aja sih.

Jegal Anies itu bisa jadi hanya modus. Kagak taktis. Malah buat nama Anies melambung lagi. Kemarin kalah di pilpres, nama Anies mulai redup. Sekarang naik lagi gara-gara dijegal di Jakarta. Nah loh.

Tapi kalau modusnya untuk ambil Jawa Barat, ya itu lain cerita. Namanya juga modus politik. Orang-orang cerdas dan cerdik di politik memang jagonya main.rmol news logo article

*Penulis adalah pemerhati sosial politik

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA