Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Vietnam Pham Minh Chinh akan Kunjungi Singapura dan Brunei Darussalam untuk Tingkatkan Hubungan Bilateral

OLEH: VEERAMALLA ANJAIAH*

Selasa, 07 Februari 2023, 11:35 WIB
PM Vietnam Pham Minh Chinh akan Kunjungi Singapura dan Brunei Darussalam untuk Tingkatkan Hubungan Bilateral
Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh/VNA
PERDANA Menteri Vietnam Pham Minh Chinh akan mengunjungi Singapura dan Brunei Darussalam dari tanggal 8-11 Februari untuk meningkatkan hubungan negaranya dengan dua negara anggota Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Kunjungan tersebut akan dilakukan Chinh atas undangan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Sultan Brunei Darussalam, Sultan Haji Hassanal Bolkiah.

Kunjungan Chinh ke Singapura, yang akan berlangsung dari 8-10 Februari, terjadi pada saat penting dalam sejarah hubungan kedua negara.

Singapura adalah negara terkaya di Asia Tenggara dengan populasi 5,97 juta jiwa dan produk domestik bruto (PDB) senilai 425,73 miliar dolar AS. Ini memberikan peluang besar bagi para pemimpin kedua negara untuk membahas langkah-langkah untuk memperkuat kepercayaan politik, persahabatan dan kerja sama di semua bidang dengan cara yang lebih praktis dan efektif.

Singapura juga merupakan investor asing terbesar dari ASEAN di Vietnam dan investor asing terbesar kedua dari 145 negara. Menyumbang 6,46 miliar dolar AS dari 27,72 miliar dolar AS total investasi asing langsung, Singapura adalah investor asing terbesar di Vietnam pada tahun 2022. Investasi kumulatifnya di Vietnam telah mencapai 72,46 miliar dolar AS, dan selanjutnya dapat membantu Vietnam dalam pembangunan ekonominya.

Dengan 99,59 juta penduduk dan PDB sebesar 418,79 miliar dolar AS, Vietnam juga merupakan negara yang dinamis. Perekonomiannya tumbuh sebesar 8,02 persen pada tahun 2022, dan membukukan surplus perdagangan sebesar 12,4 miliar dolar AS di tahun yang sama. Ekspornya bernilai 371,3 miliar dolar AS, sementara impornya mencapai 358,9 miliar dolar AS di tahun lalu.

Perdagangan Vietnam dengan Singapura mencapai 20 miliar dolar AS pada tahun 2021, meningkat 18,7 persen dari tahun 2020. Untuk meningkatkan hubungan dengan Singapura, mantan presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc mengunjungi Singapura dari tanggal 24–26 Februari 2022. Selama kunjungan ini, kedua negara menandatangani lima perjanjian bilateral perjanjian kerjasama di bidang pertahanan, ekonomi dan perdagangan, kekayaan intelektual dan kerjasama bisnis, ekonomi digital dan pertukaran orang-ke-orang.

Presiden Singapura Halimah Yacob mengunjungi Vietnam pada bulan Oktober 2022 untuk meningkatkan hubungan bilateral.
Hubungan Vietnam-Singapura telah berkembang pesat sejak negara-negara tersebut menjalin hubungan diplomatik pada 1 Agustus 1973. Ada tingkat kepercayaan yang tinggi di tingkat politik serta kemitraan yang saling menguntungkan dan hubungan antar masyarakat yang kuat antara kedua negara.

Vietnam dan Singapura berkomitmen kuat terhadap perdamaian dan stabilitas regional serta sentralitas ASEAN. Kedua negara juga merupakan pendukung kuat tatanan internasional berbasis aturan dan hukum internasional. Keduanya adalah anggota Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP) dan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP). Selain itu, mereka adalah satu-satunya negara ASEAN yang memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan Uni Eropa (UE).

Selama kunjungan resmi Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong ke Vietnam pada September 2013, Singapura dan Vietnam menandatangani Perjanjian Kemitraan Strategis.

“Ikatan ekonomi kami kuat, dengan perdagangan bilateral yang tumbuh dengan mantap selama dekade terakhir. Kerja sama ekonomi kami yang kuat dilambangkan dengan Taman Industri Vietnam-Singapura (VSIP). VSIP pertama di Binh Duong merayakan hari jadinya yang ke-24 pada tahun 2020. Perjanjian Kerangka Kerja Konektivitas, yang berlaku sejak 23 Januari 2006, memberikan kerangka menyeluruh untuk kerja sama ekonomi bilateral lintas enam sektor (pendidikan dan pelatihan, keuangan, investasi, teknologi informasi dan telekomunikasi, perdagangan dan jasa dan transportasi),” kata Kementerian Luar Negeri Singapura di situs webnya www.mfa.gov.sg.

VSIP, yang didirikan 27 tahun lalu, kini memiliki 10 kawasan industri di tujuh lokasi, secara kolektif menarik investasi 14 miliar dolar AS dan menciptakan lebih dari 270.000 pekerjaan di Vietnam.

Bulan Agustus ini akan menandai peringatan 50 tahun hubungan bilateral kedua negara. Ini juga akan menjadi peringatan 10 tahun Kemitraan Strategis mereka, yang didirikan untuk memperdalam kerja sama politik, ekonomi, keamanan dan pertahanan serta untuk mempromosikan kohesi regional dan internasional.

Kemitraan Strategis telah berkembang secara substantif di segala bidang. Selama 10 tahun terakhir, kerja sama politik dan diplomatik kedua negara semakin kuat dan berbuah. Ikatan ekonomi mereka sekarang menjadi titik terang di wilayah tersebut.

Hubungan Brunei Darussalam-Vietnam

Dengan populasi 0,44 juta jiwa dan PDB sebesar 18,41 miliar dolar AS, Brunei Darussalam adalah negara penting lainnya di ASEAN.
Chinh akan mengunjungi Brunei pada tanggal 11 Februari untuk meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara. Vietnam dan Brunei menjalin hubungan diplomatik pada 29 Februari 1992. Hubungan keduanya selalu bersahabat di bidang politik.

Mengingat ukurannya yang kecil, perdagangan bilateral sangat kecil. Namun, dengan kekayaan minyaknya, Brunei telah menjadi investor asing terbesar ke-12 di Vietnam, dengan kumulatif investasi asing langsung sebesar $48,5 miliar. Pada tahun 2021, perdagangan bilateralnya melampaui angka 500 juta dolar AS. Kedua negara telah menetapkan target ini untuk tahun 2025, tetapi tercapai empat tahun lebih awal.

Ada juga kerja sama angkatan laut kedua negara dalam menjaga perdamaian, stabilitas dan keamanan maritim di kawasan. Brunei dan Vietnam adalah negara penuntut di Laut China Selatan (LCS) yang disengketakan.

Vietnam dan Brunei telah membuat langkah baru dalam hubungan mereka sejak terjalinnya kemitraan komprehensif pada saat Kunjungan Kenegaraan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah ke Vietnam pada Maret 2019.

Kedua negara menandatangani beberapa perjanjian kerja sama di bidang maritim dan perdagangan, pembebasan visa serta Memorandum of Understanding (MoU) tentang kerja sama pariwisata, kerja sama dalam urusan olahraga dan pemuda serta penggunaan hotline untuk berbagi informasi tentang penangkapan ikan ilegal, tidak dilaporkan dan tidak berdokumen (IUU) antara Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam dengan Menteri Sumber Daya Primer dan Pariwisata Brunei.

Dalam kunjungannya ke Brunei, Chinh akan membahas cara-cara untuk meningkatkan hubungan bilateral. Ia juga akan berdiskusi dengan para pemimpin Brunei tentang penerapan Deklarasi Perilaku Para Pihak (DOC) di LCS dan negosiasi untuk Kode Etik  (COC) yang efektif dan substantif di LCS sesuai dengan hukum internasional dan 1982 Konvensi Hukum Laut PBB (UNCLOS).

Chinh, yang memiliki moto “Solidaritas, Disiplin - Keberanian, Fleksibilitas - Inovasi, Kreativitas - Ketepatan Waktu, Efektivitas” untuk tahun 2023, telah melakukan upaya penting dengan mengunjungi dua negara anggota ASEAN untuk meningkatkan hubungan yang ada saat ini. Ia juga dapat berdiskusi dengan pemimpin Singapura, Lee, untuk meningkatkan Kemitraan Strategisnya menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif selama kunjungannya ke Singapura. rmol news logo article

*Wartawan senior yang berdomisili di Jakarta.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA