Langkah Presiden Prabowo ini memberi kesan berbeda dari era sebelumnya yang lebih sering menggunakan merek kendaraan mewah Eropa.
"Prabowo meredefinisi dan memvisualisasikan narasi nasionalismenya lewat kebijakan yang bisa dilihat langsung oleh publik," kata praktisi komunikasi, Wahyu Wiwoho lewat akun Instagram miliknya, Selasa 29 Oktober 2024.
Presiden Prabowo terlihat ingin mengedepankan produk dalam negeri sebagai simbol identitas kepemimpinannya. Hal ini tentunya juga membawa angin segar bagi industri otomotif tanah air.
"Value lamanya adalah mobil mewah impor. Value barunya adalah mobil nasional. Ini brand baru presiden yang akan semakin kuat jika diikuti oleh menteri," kata Wahyu.
Wahyu menambahkan, jika ditarik ke belakang, gaya Prabowo ini mengingatkan pada pendekatan Presiden ke-7 RI Joko Widodo yang kerap mempromosikan merek pakaian lokal.
"Sebenarnya ini mirip Presiden Jokowi yang sering meng-endorse merek pakaian lokal yang dampaknya positif untuk produk nasional," tandasnya.
BERITA TERKAIT: