Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prabowo Dinilai Tepat Tunjuk Budi Santoso Menteri Perdagangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 21 Oktober 2024, 19:54 WIB
Prabowo Dinilai Tepat Tunjuk Budi Santoso Menteri Perdagangan
Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso/RMOL
rmol news logo Presiden Prabowo Subianto dinilai tepat menunjuk Budi Santoso sebagai Menteri Perdagangan (Mendag), karena satu sosok yang bukan sekadar ahli di bidangnya tetapi juga telah mengetahui seluk beluk lembaga. 

Managing Director Political Economy and Policy Studies (PEPS) Anthony Budiawan memandang, Budi telah resmi diangkat sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Zulkifli Hasan, pada Minggu malam, 20 Oktober 2024.

Menurutnya, Budi dipilih karena dianggap paling paham segala persoalan di Kementerian Perdagangan (Kemendag), karena memulai karier pegawai negeri sipilnya (PNS) dari nol hingga sekretaris jenderal (sekjen) kementerian. 

"Sebagai pejabat karier dengan posisi begitu tinggi, sosok Budi Santoso seharusnya mengetahui persis permasalahan yang ada di kementeriannya," tutur Anthony dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin, 21 Oktober 2024. 

"Karenanya Faktor dasar pertimbangan presiden mengangkat menteri bervariasi. Budi Santoso salah satu pejabat karier di Kemendag. Dengan posisi terakhir sebagai Sekjen, sangat mungkin sekali beliau menduduki jabatan tertinggi di Kemendag," sambungnya. 

Lebih lanjut, Anthony berharap di era kepemimpinan Budi nantinya Kemendag bisa menciptakan harga di dalam negeri menjadi relatif stabil dan tidak fluktuatif.  

"Serta menghilangkan praktik monopoli dan kartel. Artinya, Kemendag harus mampu menegakkan UU tentang larangan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat," demikian Anthony menambahkan. 

Didapuknya Budi sebagai Mendag akan jadi sejarah baru. Karena ia merupakan menteri pertama di Kemendag yang berasal dari jalur karier. Pria kelahiran 9 Februari 1968 itu, pernah menjabat beberapa posisi di lingkungan Kemendag. 

Melansir laman Kemendag, Budi Santoso pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri pada Desember 2022-Agustus 2024. Kemudian, pada September 2020-Desember 2022 dirinya menjabat sebagai Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, dan pernah menjabat sebagai Kepala Biro Keuangan pada Juni 2020-September 2020.

Pada tahun 2010, Budi Santoso menduduki jabatan sebagai Kasubdit Ekonomi Kreatif, pada unit Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, dan dirinya dipromosikan menjadi Atase Perdagangan India.

Sekembalinya dari India, Budi Santoso diangkat sebagai Kepala Bagian Program dan Kerjasama pada unit Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional.

Budi tercatat sempat menjabat di berbagai jabatan Eselon II di lingkungan Kementerian Perdagangan seperti Kepala Pusat Data dan Informasi tahun 2017, Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi tahun 2017, serta Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian tahun 2018.

Dari segi pendidikan, Budi Santoso memiliki latar belakang pendidikan Sarjana (S1) Komunikasi Massa di Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Kemudian, dirinya melanjutkan pendidikan Magister (S2) Ilmu Administrasi di Universitas Indonesia, dan kembali melanjutkan pendidikan S3 atau Doktor Ilmu Komunikasi di Universitas Sahid. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA