Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kursi Wakil Menteri akan Diobral untuk Elite Parpol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 08 Oktober 2024, 08:48 WIB
Kursi Wakil Menteri akan Diobral untuk Elite Parpol
Presiden terpilih Prabowo Subianto/Ist
rmol news logo Kalangan profesional akan mengisi posisi-posisi strategis menteri kabinet Prabowo Subianto.

Demikian dikatakan pengamat politik Citra Institute, Efriza kepada Kantor Berita Politik dan Ekonomi RMOL, Selasa, 8 Oktober 2024.

Sedangkan untuk kursi wakil menteri dan pejabat setingkat di lembaga negara, kata Efriza, akan mengakomodir partai politik (parpol) yang berjasa memenangkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

"Yang menguat sebenarnya adalah Prabowo akan obral jabatan dari kursi seperti Wantimpres (Dewan Pertimbangan Presiden) yang lebih banyak, setelah undang-undang berhasil direvisi," kata Efriza.

Selain jabatan Wantimpres yang desas-desusnya secara nomenklatur akan diubah Prabowo menjadi Dewan Pertimbangan Agung (DPA), beberapa jabatan akan diberikan kepada elite-elite parpol. 

Namun, untuk pembantu presiden yang mengepalai kementerian yang diperkirakan bertambah jadi 44, bakal didominasi oleh pakar dan ahli di bidang-bidang yang ada. 

"Tetapi kursi menteri diyakini bisa saja zaken kabinet, hanya murni diisi profesional karena merit sistem," demikian Efriza. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA