Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Artis Masuk Senayan Bukti Sistem Pemilu Sudah Sangat Liberal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 02 Oktober 2024, 17:28 WIB
Artis Masuk Senayan Bukti Sistem Pemilu Sudah Sangat Liberal
Direktur Eksekutif Sentral Politika, Subiran Paridamos
rmol news logo Fenomena banyaknya artis beralih profesi menjadi anggota DPR, dinilai sebagai salah satu bukti sistem pemilu di Indonesia telah menjadi sangat liberal.

Direktur Eksekutif Sentral Politika, Subiran Paridamos menilai, lebih dari 20 artis yang lolos menjadi anggota DPR bukan jumlah yang sedikit. 

"Maraknya artis terjun menjadi politisi, baik di legislatif maupun di eksekutif karena desain sistem pemilu kita sudah sangat liberal," ujar sosok yang kerap disapa Biran itu, kepada RMOL di Jakarta, pada Rabu (2/10). 

Dia menjelaskan, salah satu faktor yang membuat artis bisa beralih profesi menjadi anggota DPR, karena partai politik tidak ajeg dalam pengkaderan. 

"Eksistensi artis di DPR juga merupakan bagian dari kebuntuan partai politik dalam melakukan rekrutmen dan kaderisasi," ungkapnya. 

Lebih lanjut, magister ilmu komunikasi politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) itu berkesimpulan, corak politik Indonesia saat ini cenderung pragmatis dengan memakai strategi pencitraan semata. 

"Mengedepankan image atau yang dikenal dengan imagologi politik. Keterpilihan seseorang dalam pemilu sangat dipengaruhi pada popularitas seseorang. Dan salah satu profesi yang sangat mudah menjangkau popularitas itu adalah para artis," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA