Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rivalitas Memanas, Pilkada Jateng Ibarat Mini Pilpres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 08 September 2024, 07:40 WIB
Rivalitas Memanas, Pilkada Jateng Ibarat Mini Pilpres
Kolase bakal Cagub Jawa Tengah Andika Perkasa dan Ahmad Luthfi/Ist
rmol news logo Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah (Pilkada Jateng) 2024 menyedot perhatian karena mempertemukan dua figur kuat dengan latar belakang militer dan kepolisian.

Mereka adalah mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan mantan Kapolda Jawa Tengah Komjen (Pol) Ahmad Luthfi.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno menilai, kedua tokoh ini merepresentasikan dua institusi yang selama ini memiliki peran penting dalam tata negara Indonesia, yakni TNI dan Polri.

"Tapi dalam Pilkada yang menentukan adalah pemilih secara umum," kata Adi kepada RMOL di Jakarta, Minggu (8/9).

Analis politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta itu menilai persaingan ini menjadi menarik karena seperti miniatur Pilpres di tingkat provinsi.

Diketahui, Andika Perkasa yang kini menjadi kader PDIP akan berhadapan dengan Ahmad Luthfi, yang dikenal sebagai "orangnya Jokowi".

Rivalitas ini tidak hanya sekadar kontestasi personal, tetapi juga mencerminkan pertarungan simbolik antara kekuatan politik Jokowi dan PDIP di wilayah penting seperti Jateng.

"Jadi ini seakan mini Pilpres yang ada di Jateng. Tinggal diuji siapa yang kuat dan memang," tandas Adi Prayitno.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA