Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Junimart Girsang: Lulusan STPN Harus Otomatis Jadi CPNS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yudhistira-wicaksono-1'>YUDHISTIRA WICAKSONO</a>
LAPORAN: YUDHISTIRA WICAKSONO
  • Jumat, 30 Agustus 2024, 22:17 WIB
Junimart Girsang: Lulusan STPN Harus Otomatis Jadi CPNS
Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang/RMOL
rmol news logo Masalah ketidakpastian karir lulusan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) mendapat sorotan serius dalam Simposium Nasional yang digelar Keluarga Alumni Perguruan Tinggi (KAPTI) Agraria.
HUT 79 RI

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang, menegaskan pentingnya kepastian bagi lulusan STPN untuk otomatis menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) usai menyelesaikan pendidikan mereka. 

"Ini kan sekolah kedinasan, jadi logikanya setiap orang yang lulus dari sini otomatis menjadi CPNS," ujar Junimart usai menghadiri simposium nasional di Aula STPN Yogyakarta, Jumat (30/8). 

Ia menyoroti kejanggalan di mana sejumlah lulusan STPN tidak langsung diangkat menjadi CPNS setelah menyelesaikan pendidikan. 

"Saya bingung, ini sekolah kedinasan, kok bisa setelah selesai nggak kerja. Ini ada apa?" lanjutnya. 

Menurut Junimart, masalah ini perlu segera ditangani melalui komunikasi dan koordinasi antar-kementerian terkait. 

"Kalau kendalanya di Kementerian PAN-RB atau BKN, kita komunikasi. Kalau kendalanya di Kementerian Keuangan, kita komunikasi. Ini masalah koordinasi dan bagaimana meyakinkan bahwa ini STPN, ini SDM yang kami luluskan, dan ini kami kekurangan juru ukur," tegasnya. 

Junimart juga berharap agar ke depan, semua lulusan STPN otomatis menjadi CPNS, dengan waktu paling lambat dua tahun setelah lulus, mereka sudah diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

"Harapan kita, semua lulusan STPN itu otomatis menjadi CPNS dan paling lambat dua tahun sudah diangkat menjadi PNS," tutupnya.rmol news logo article

EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA